Tanpa Disadari, Ini 6 Hal yang Bisa Merusak Otak

 

 

Foto: Pixabay

 

Schoolmedia News, Jakarta – Setiap orang, baik tua dan muda, tentu mendambakan otak cemerlang dengan ingatan yang tajam. Otak yang sehat akan membantu seseorang saat bekerja dan meningkatkan produktivitasnya. Pemakaian sel otak berhubungan dengan fungsi kognitif, berpikir, nalar, serta IQ manusia.

Faktanya, otak tidak bisa melawan proses alamiah tubuh manusia, yaitu penuaan. Makin bertambah usia seseorang, makin menurun kemampuan otak. Menjaga kesehatan otak sama pentingnya seperti menjaga kesehatan organ tubuh vital lainnya, seperti jantung, paru-paru dan ginjal. Tanpa disadari, ada beberapa hal yang ternyata bisa merusak otak. Berikut hal yang bisa merusak otak seperti Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

1.    Kurang waktu tidur
Kebiasaan buruk ini dapat menjadi penyebab demensia, termasuk penyakit Alzheimer. Untuk itu kamu harus memiliki waktu tidur yang teratur setiap malam. Jika kesulitan tidur, hindari alkohol, kafein, dan elektronik di malam hari, serta mulai melakukan ritual tidur yang menenangkan.

 

Baca jugaRui-Katsu,Terapi Stres Unik Lewat Teknik Menangis di Jepang

 

2.    Terlalu sering sendiri
Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Ini bukan tentang berapa banyak teman kamu di media sosial tetapi yang penting adalah koneksi yang nyata. Orang yang memiliki sedikit teman dekat tapi lebih bahagia dan produktif, cenderung tidak menderita penurunan otak dan Alzheimer.

 

3.    Terlalu banyak makan junk food
Menurut penelitian, orang yang sering makan junk food, memiliki bagian otak yang terkait dengan pembelajaran, ingatan, dan kesehatan mental, dengan bentuk yang lebih kecil, dibandingkan dengan orang yang makan makanan sehat. Lebih sering makan buah beri, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau, terbukti dapat menjaga fungsi otak dan memperlambat penurunan mental.

 

4.    Suara earphone terlalu kencang
Mendengarkan music dengan earphone terlalu kencang dapat merusak pendengaran secara permanen hanya dalam waktu 30 menit. Bukan hanya masalah telinga, tetapi pada orang dewasa yang lebih tua, juga bisa terkena masalah otak, seperti Alzheimer dan hilangnya jaringan otak. 
 
 

Baca jugaBegini Keindahan Bunga Lumut Warna Merah Jambu di Jepang

 

5.    Tidak cukup bergerak
Semakin lama kamu tidak berolahraga secara teratur, semakin besar kemungkinan mengalami demensia serta terkena diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi, yang semuanya mungkin terkait dengan Alzheimer. Cukup dengan berlari atau berjalan cepat selama setengah jam minimal 3 hari seminggu, sudah bisa membuat otak kamu tetap sehat.

 

6.    Terlalu sering berada dalam kegelapan
Jika tidak mendapatkan cukup cahaya alami, kamu mungkin mengalami depresi dan itu bisa memperlambat kerja otak. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa sinar matahari dapat membantu otak kamu bekerja dengan baik dan pastinya lebih sehat.

Komentar

250 Karakter tersisa