Hati-hati, Ini 5 Kebiasaan Makan yang Bisa Turunkan Kekebalan Tubuh

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Sekarang ini banyak sekali bakteri dan virus yang bisa menyerang tubuh kita kapan saja. Salah satu cara paling ampuh agar tetap sehat adalah dengan menjaga kekebalan tubuh agar tetap kuat. Jika kekebalan tubuh kamu kuat, kamu tidak akan mudah jatuh sakit. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, ada berbagai cara sederhana yang dapat dilakukan. 

Salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup dan pola makan yang sehat. Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Saat sistem kekebalan tubuh lemah, bakteri dan virus dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.

Menurut ahli reumatologi dari Cleveland Clinic, Leonard Calabrase, sistem kekebalan tubuh memainkan peran kunci dalam membantu kita tumbuh dan hidup lebih lama, serta waspada terhadap berbagai ancaman kesehatan. Tapi ternyata ada beberapa kebiasaan makan yang harus kita waspadai karena dapat menurunkan kekebalan tubuh. Berikut kebiasaan makan yang dapat menurutkan kekebalan tubuh seperti Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca juga5 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan dan Kecantikan

 

1.    Konsumsi garam berlebih
Penelitian terbaru dari Rumah Sakit Universitas Bonn menyebut bahwa terlalu banyak garam dapat menyebabkan defisiensi imun. Para peneliti menemukan, ketika ginjal mengeluarkan kelebihan natrium, efek domino terjadi hingga akhirnya mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri. Penggunaan garam yang aman adalah seperempat sendok teh per hari.

 

2.    Minum kafein berlebihan
Kafein memang memiliki manfaat bagi kesehatan karena tingginya tingkat antioksidan yang dikaitkan dengan anti-peradangan. Namun, terlalu banyak kafein dapat mengganggu tidur sehingga meningkatkan peradangan dan justru mengganggu kekebalan tubuh. Untuk menjaganya, jangan minum kafein dari soda dan minuman berenergi. Lalu, jika ingin minum kopi dan teh, pastikan setidaknya 6 jam sebelum waktu tidur untuk mencegah gangguan tidur.

 

3.    Terlalu banyak gula
Studi yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa manusia yang diberi 100 gram gula mengalami pengurangan kemampuan sel kekebalan tubuh untuk menelan bakteri, setelah puasa semalam. Efek ini bisa bertahan hingga 5 jam. The American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi gula tambahan, tidak lebih dari 6 sendok teh per hari untuk wanita dan 9 sendok teh untuk pria.

 

Baca juga8 Makanan yang Bisa Mempercepat Haid

 

4.    Tidak makan banyak serat
Penelitian menunjukkan bahwa asupan serat makanan dan prebiotik yang lebih tinggi mendukung fungsi kekebalan tubuh yang lebih sehat, termasuk perlindungan terhadap virus dan meningkatkan kualitas tidur. Cara terbaik meningkatkan asupan serat adalah dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 

5.    Kurang makan sayuran hijau
Sayuran hijau memberikan nutrisi penting yang dikenal untuk membantu fungsi kekebalan tubuh, termasuk vitamin A dan C, folat, serta menawarkan senyawa bioaktif yang melepaskan sinyal kimia yang mengoptimalkan imunitas dalam usus, tempat di mana 70-80% sel imun berada. Jadi, jika ingin kekebalan tubuh kuat, ubah kebiasaan makan kamu dengan rajin konsumsi kangkung, seledri, brokoli, bok choy, kubis, dan sayuran hijau lainnya.

Komentar

250 Karakter tersisa