5 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan rumput laut atau seaweed. Tanaman ini telah banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan makanan. Tak hanya menjadi campuran es buah, rumput laut juga bisa diolah menjadi keripik panggang, campuran mi atau pasta, sandwich, hingga salad. 

Rumput laut juga termasuk salah satu sumber daya hayati, tepatnya sebagai renewable resources atau sumber daya dapat pulih yang terdiri atas flora dan fauna. Rumput laut merupakan sejenis ganggang yang tumbuh di laut. Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai karang di seluruh dunia. Namun, umumnya mereka ditemukan di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea, dan China.

Rumput laut disebut juga sayuran laut, atau marine vegetables. Kita tahu bahwa sayuran memiliki kalori yang rendah. Selain itu kandungan rumput laut dalam produk skincare juga terbukti memiliki manfaat luar biasa untuk kulit. Berikut manfaat rumput laut bagi kesehatan dan kecantikan yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca juga: 5 Dampak Cyberbullying pada Anak yang Orangtua Wajib Tahu

 

1.    Meningkatkan metabolisme
Rumput laut ternyata memiliki kandungan serat larut dan tidak larut yang menjadikannya sumber prebiotik yang baik untuk mendukung kesehatan usus. Itulah mengapa makanan ini dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi kembung dan masalah pencernaan lainnya.

 

2.    Mendukung kekebalan tubuh yang kuat
Tanaman bawah air ini mengandung banyak mineral dan vitamin untuk penambah kekebalan. Rumput laut merupakan sumber antioksidan yang kuat yang memberikan manfaat anti-inflamasi untuk mengurangi risiko diabetes dan obesitas, ungkap ahli diet Rachel Fine MS, RD, CSSD, CDN.

Selain itu, pakar kedokteran fungsional, Dr. Elroy Vojdani, MD., juga mengatakan bahwa kandungan yodium dan asam amino, membuat rumput laut bermanfaat bagi tiroid dan dapat membantu mencegah penyakit tiroid, serta kandungan polifenol yang dapat mendukung proses anti-kanker dalam tubuh.

 

3.    Membantu kesehatan jantung
Banyak ahli setuju bahwa rumput laut dapat menstabilkan kadar gula darah, berkat kandungan serat yang berlimpah sehingga dapat mengurangi lemak darah dan meningkatkan kontrol gula darah. Ahli gizi selebriti dan koki, Serena Poon, juga menambahkan bahwa makanan ini memberikan tubuh kemampuan untuk membantu mengatur dan mendetoksifikasi darah.

 

Baca jugaPeneliti Ungkap Makan dengan Warna Piring Ini Bisa Turunkan Berat Badan

 

4.    Bermanfaat untuk otak, mata dan tulang
Kandungan asam lemak omega-3, EPA dan DHA merupakan gabungan hebat yang dapat membantu peningkatan memori dan kinerja otak. Untuk tulang, kandungan zat besi dan kalsium yang ditemukan dalam rumput laut sangat bermanfaat, sedangkan asam lemak omega-3 bagus untuk persendian. Selain itu, asam lemak omega-3 juga merupakan jenis lemak yang baik untuk kesehatan mata.

 

5.    Bahan alami anti penuaan
Rumput laut sangat bagus untuk memerangi jerawat dan tanda-tanda penuaan. Kandungan mineralnya, termasuk kalsium, seng, besi, natrium, kalium dan magnesium, dapat mengurangi peradangan dan membantu melindungi kulit dari dehidrasi serta radikal bebas dan kerusakan akibat sinar matahari. Sementara vitamin C yang banyak terkandung dalam rumput laut mendukung produksi kolagen dan niasin alami yang sangat bagus untuk mengatasi hiperpigmentasi dan kerusakan kulit.

Komentar

250 Karakter tersisa