8 Makanan yang Bisa Mempercepat Haid

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta - Haid tidak lancar atau haid tidak teratur, adalah kondisi ketika siklus haid menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Haid adalah proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan perdarahan, biasanya terjadi selama 3-7 hari. Sewajarnya siklus menstruasi terjadi setiap 28-36 hari dan berlangsung sebanyak 11-13 kali dalam satu tahun. 

Tiap wanita mengalami siklus haid yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih panjang. Masa haid yang tidak teratur seringkali membuat kamu gelisah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor seperti penurunan berat badan, kondisi medis dan gaya hidup, terkadang jadwal haid tak bisa diperkirakan. 

Namun, melalui cara yang alami lebih tepatnya makanan-makanan sehat, kamu bisa mempercepat haid. Berikut adalah daftar beberapa cara alami yang membantu mempercepat haid, seperti Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca juga5 Manfaat Masker Kefir, Bantu Mengangkat Sel Kulit Mati

 

1.    Pepaya
Pepaya merangsang kontraksi di dalam rahim dan dapat membantu dalam menginduksi menstruasi. Karoten yang ada dalam pepaya merangsang hormon estrogen sehingga menginduksi haid lebih awal.

 

2.    Jahe
Jahe dianggap meningkatkan panas di sekitar rahim, sehingga memicu kontraksi. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk teh atau jus jahe segar dengan sedikit madu atau sama seperti jahe mentah bersama madu. Minumlah secangkir jus jahe segar dengan air setiap pagi dengan perut kosong selama beberapa hari sebelum jadwal haid kamu biasa tiba.

 

3.    Delima
Jus delima juga membantu dalam menginduksi menstruasi. Mulailah dengan minum jus delima murni tiga kali sehari setidaknya 10 hingga 15 hari sebelum haid rutin kamu.

 

4.    Wortel
Makanan yang kaya akan karoten bisa mempercepat haid. Salah satu makanan kaya karoten adalah wortel. kamu bisa mengonsumsi wortel mentah atau dalam bentuk jus sebanyak 3 kali sehari.

 

Baca juga7 Cara Menjaga Diri dari Kekerasan Seksual Pada Wanita

 

5.    Kunyit
Rebus satu sendok kunyit dalam segelas air dan konsumsilah dua kali sehari untuk mempercepat haid kamu, mungkin 10 hari sebelum tanggal yang kamu harapkan.

 

6.    Labu
Karoten yang ada dalam labu adalah mekanisme yang bagus dalam menginduksi haid lebih cepat.

 

7.    Ikan salmon
Salmon memiliki sifat memperbaiki dan menstabilkan hormon kamu dan dengan demikian mempercepat haid. Jenis ikan dan minyak ikan lainnya juga berguna dalam mengatur haid kamu.

 

8.    Anggur
Segelas jus anggur segar setiap pagi dapat membantu kamu menjaga siklus haid agar tetap teratur.

Komentar

250 Karakter tersisa