7 Tanda Seseorang Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Kamu pasti pernah mendengar tentang kecerdasan emosional (emotional quotient/EQ). Tapi, tidak semua orang bisa mengenalinya, baik dalam diri mereka sendiri ataupun pada orang lain. Kecerdasan emosional (EQ) adalah bagaimana kamu mengekspresikan emosi dan mengatasinya dengan cara yang positif bahkan di situasi yang penuh tekanan.

Orang dengan EQ tinggi sering mampu untuk berkomunikasi secara efektif, berempati dengan orang lain, mengatasi kesulitan dan meredakan konflik. Pengetahuan dan pemahaman ini, sebagian besarnya, merupakan proses non-verbal yang membentuk pemikiran dan mempengaruhi seberapa baik kamu berhubungan dengan orang lain. Dalam dunia kerja kamu lebih memakai EQ daripada IQ. 

Karena dunia yang sedang kamu jalani sekarang sangat identik dengan hubungan sosial di lingkungan sekitar dan bagaimana kamu membangun hubungan pribadimu. Kecerdasan emosi ini ternyata mempunyai pengaruh besar pada kesuksesanmu juga. Berikut tanda kamu memiliki kecerdasan emosional yang baik seperti Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca jugaHati-hati, Ini 5 Kebiasaan Makan yang Bisa Turunkan Kekebalan Tubuh

 

1.    Tidak dendam
Kamu memahami jika menyimpan dendam hanya akan membuang waktu, energi dan merugikan diri. Kamu cepat memaafkan namun bukan berarti melupakannya, kesalahan yang orang lain lakukan terhadapmu menjadi suatu pelajaran penting. 

 

2.    Selalu bersyukur
Semua orang mempunyai kesempatan dan keberuntungan yang berbeda-beda. Apapun pencapaian yang berhasil kamu lakukan sudah seharusnya kamu mempunyai rasa syukur. Dengan bersyukur kamu menjadi orang yang positif dan bisa mengimprovisasi mood kamu untuk menerima dan menghadapi tantangan baru.

 

3.    Mudah beradaptasi
Keadaan memang selalu berubah apapun kondisinya. Hanya kamu yang dapat beradaptasi dengan baik mampu melewatinya. Jika keadaan tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, sebagai orang yang memiliki kecerdasaan emosional, kamu tidak menyalahkan keadaan dan orang lain sebagai alasan kegagalan atau tertundanya goals-mu.

 

4.    Tidak menbandingkan
Kamu percaya jika setiap orang memiliki keunikannya masing-masing. Kamu sangat memahami apa yang menjadi kelemahanmu dan tidak ragu untuk menonjolkan kemampuanmu. 

 

Baca juga5 Manfaat Detoks Media Sosial, Bisa Buat Lebih Bahagia

 

5.    Terbuka dengan hal baru
Kamu tidak pernah memandang perbedaan sebagai suatu hambatan untuk bersosialisasi. Justru hal baru menjadi pelajaran bagimu. Biasanya juga kamu akan mendengar dan melihat segala situasi melalui dua sisi tanpa menuduh.

 

6.    Pendengar yang baik
Kamu bersikap tenang saat mendengarkan curhatan atau masalah yang sedang dihadapi temanmu. Kamu hanya akan memberikan saran saat dimintai karena tidak ingin terkesan 'menggurui'.  Hal ini juga menandakan bahwa kamu memiliki empati yang besar.

 

7.    Mampu mengendalikan diri
Hal ini membuktikan bahwa kamu memiliki kontrol emosi yang baik. Selain itu kamu juga bisa mengenal karakteristik orang-orang disekitarmu melalui gesture, ekspresi, dan bahasa tubuhnya. Jika memiliki kemampuan ini maka kamu juga dapat bernegosiasi dengan baik.

Komentar

250 Karakter tersisa