5 Manfaat Detoks Media Sosial, Bisa Buat Lebih Bahagia

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – ternyata tidak hanya rokok yang bisa membuat kita kencanduan dan berdampak buruk untuk kesehatan , media sosial juga bisa membuat orang kecanduan dan memiliki dampak buruk. Orang yang sudah mengenal media sosial di platform manapun pasti rata-rata pengguna aktif dan sudah terlanjur attach dengan social media.

Akan tetapi, terlalu sering menggunakan media sosial justru dapat mengakibatkan kecanduan yang akan berpengaruh pada kualitas hidup. Jika kamu mulai merasa bahwa hidup kamu terlalu sering dihabiskan untuk berselancar di sosial media, mungkin ini saatnya kamu melakukan detoks media sosial.

Social media detox biasanya dilakukan dengan mengurangi penggunaan atau bahkan mengentikannya sama sekali. Hal itu bisa membantu kita melihat kembali apa yang sudah kita tinggalkan di kehidupan nyata. Berikut manfaat detoks media sosial yang Schoolmedia news rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca jugaTerapkan Social Distancing, Bioskop Terapung Buka di Paris

 

1.    Terhindar dari Hal Negatif
Membuka media sosial memang bisa menimbulkan inspirasi karena semua orang bebas mengunggah apa yang menarik bagi mereka tapi tak jarang juga kamu menemukan suatu hal yang kurang enak dibaca. Tentu saja hal itu bisa membuat mood kamu berantakan sepanjang hari. Mungkin detoks media sosial akan membuatmu kurang update, tapi masih banyak informasi bermanfaat yang bisa kamu dapatkan selain dari media sosial.

 

2.    Lebih Produktif
Kamu bisa melakukan kegiatanmu dengan baik tanpa media sosial. Tanpa kamu sadari bahwa sekali mengecek sosial media bisa menghabiskan waktu 10 hingga 15 menit, jika kamu sering melakukannya berapa banyak waktu yang terbuang secara sia-sia. Tidak membuka media sosial selama jam kerja juga membantumu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

 

3.    Bisa Mengembangkan Hobi
Pasti kamu ingin suasana yang baru untuk melepaskan beberapa beban pekerjaan. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakukan kegiatan yang kamu suka daripada bermain media sosial. Selain mengurangi stres melakukan hobi bisa menambah keahlianmu.  Jangan ragu untuk mencoba hal baru yang positif agar waktu luangmu tidak hanya diisi dengan kegiatan yang monoton.

 

Baca jugaFace Shield atau Masker, Mana yang Lebih Efektif Cegah Virus?

 

4.    Sosialisasi Langsung
Bersosialisasi langsung dengan orang adalah kenikmatan tersendiri. Kamu bisa mengetahui ekspresinya secara jujur. Terlalu banyak bermain sosial media bisa membuatmu susah untuk membedakan mana yang benar atau tidak. Cara ini bisa kamu lakukan jika ingin menambah relasi atau pengetahuan baru. Terkadang beberapa pengalaman unik orang disekitar tidak akan mereka unggah di media sosial.

 

5.    Lebih Berwarna
Memang pada awalnya mencoba untuk detoks media sosial selama dua hari memang berat tapi jika kamu rutin melakukannya setiap minggu maka akan berdampak positif dengan kehidupanmu. Kamu tetap bisa bergaul dengan siapa saja dengan percaya diri tanpa bergantung dengan adanya media sosial. Pengalamanmu juga akan bertambah jika kamu semakin sering bertemu dengan orang dan berkomunikasi langsung.

Komentar

250 Karakter tersisa