7 Makanan yang Bisa Bantu Mengatasi Kulit Berminyak

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Secara umum, ada empat jenis kulit, yaitu normal, kombinasi, berminyak, dan juga kering. Jenis kulit yang kita miliki ini tergantung pada gen, hormon, dan juga faktor lingkungan. Misalnya pada suhu yang rendah atau dingin kulit biasanya cenderung akan menjadi lebih kering. Memiliki kulit yang terlalu berminyak atau terlalu kering bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif. 

Kulit yang sensitif akan lebih mudah iritasi dan berjerawat. Mereka yang memiliki kulit berminyak pasti sering mengeluhkan kulit selalu mengilap dan lengket. Kulit wajah berminyak biasanya disebabkan karena pori-pori besar yang membuat sebum dan minyak diproduksi lebih banyak. Selain memakai skincare, makanan juga bisa membantu mengatasi kulit berminyak. 

Sebenarnya dengan perawatan kulit berminyak yang rutin dan tepat, kulit bisa terlihat sehat dan bebas kilap. Tak hanya itu, mengonsumsi makanan yang tepat juga bisa membantu mengatasi kulit berminyak. Berikut rekomendasi makanan yang bisa membantu mengatasi kulit berjerawat yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber. 

 

Baca jugaYuk, Wujudkan Sekolah yang Maju dan Profesional Bersama Schoolmedia

 

1.    Timun
Timun memiliki kadar air yang cukup tinggi. Inilah yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan juga melawan inflamasi. Selain itu, timun juga kaya antioksidan dan baik untuk kecantikan kulit dan mengurangi jerawat. Kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu bahan untuk salad agar terasa lebih nikmat.

 

2.       Avokad
Buah berwarna hijau ini kaya akan vitamin E sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. Salah satuya adalah melembapkan kulit dan mencegah produksi minyak berlebih dari kelenjar sebasea. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau menjadikannya sebagai masker wajah.

 

3.    Dark chocolate
Salah satu manfaat dark chocolate yang jarang dikatahui adalah mencegah wajah berminyak. Dark chocolate mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat mengontrol produksi minyak pada wajah. 

 

Baca juga:4 Rutinitas Pagi Hari yang Bisa Mengganggu Kesehatan Tubuh

 

4.    Oatmeal
Makanan berikutnya yang dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih adalah oatmeal. Kamu dapat menggunakan oatmeal sebagai eksfoliator alami, yang dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati.

 

5.    Madu
Untuk mencegah wajah berminyak, Kamu juga bisa menggunakan madu. Bahan alami satu ini memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kelembapan kulit sehingga kelenjar minyak di muka tidak bekerja terlalu ekstra dalam menghasilkan minyak berlebih.

 

6.    Tomat
Tomat mengandung asam salisilat yang bisa membantu penyerapan minyak berlebih pada wajah. Selain itu, tomat juga bisa membersihkan pori-pori ketika kamu memakainya sebagai masker wajah alami.

 

7.    Sayuran hijau
Rutin mengonsumsi sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan kale, juga bisa membantu mengurangi produksi minyak. Bayam mengandung kadar air yang tinggi sehingga dapat menjaga hidrasikulit. Brokoli juga bisa membantu mencegah pori-pori tersumbat di kulit wajah karena kandungan vitamin C, vitamin A, dan magnesium dalam brokoli.

Komentar

250 Karakter tersisa