4 Rutinitas Pagi Hari yang Bisa Mengganggu Kesehatan Tubuh

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Siapa sangka rutinitas pagi untuk memulai hari sangat berdampak terhadap suasana hati kamu sepanjang hari. Pada tahun 2016, University of Pennsylvania dan Ohio State University melakukan sebuah studi terhadap staf call center di sebuah perusahaan asuransi untuk memerhatikan mood mereka sepanjang hari di kantor. 

Riset yang berlangsung selama 3 minggu tersebut menemukan bahwa staf yang memulai pagi mereka dengan mood yang jelek, biasanya juga mengakhiri hari dengan suasana hati yang buruk, meskipun mereka mendapat pelanggan yang positif. Tak hanya itu ternyata rutinitas pagi juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

Setiap orang memiliki rutinitas pagi hari yang berbeda. Namun, jika kamu melakukan salah satu atau bahkan semua rutinitas ini di pagi hari, maka pikirkan untuk mulai mengubahnya karena ternyata bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Berikut rutinitas pagi yang bisa mengganggu kesehatan tubuh seperti Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber. 

 

1.    Tidak terkena sinar matahari pagi
Kehilangan sinar pagi dapat mengacaukan indeks massa tubuh atau Body Mass Index (BMI), menurut sebuah studi baru dari Fakultas Kedokteran Feinberg Universitas Northwestern. Disebutkan bahwa orang yang kurang mendapatkan paparan cahaya alami memiliki BMI lebih tinggi daripada orang yang melihat sinar matahari di pagi hari. Jadi, usahakan memulai rutinitas pagi hari dengan berjemur selama 20-30 menit untuk membantu mengatur jam internal kamu, serta mengatur tingkat energi, nafsu makan, dan metabolisme.

 

Baca jugaManfaat Vitamin K Pada Skincare yang Jarang Diketahui

 

2.    Tidak minum air putih
Leslie Bonci, RD, seorang direktur nutrisi olahraga mengatakan, tidak minum air putih akan membuat kamu merasa tidak enak, bingung, atau lelah. Dengan minum air putih sekitar 3 cangkir di pagi hari, kamu tidak hanya akan merasa lebih bahagia, pikiran lebih tajam, dan lebih energik, tetapi juga akan memiliki lebih banyak kekuatan, kecepatan, dan stamina untuk latihan kamu nanti.

 

3.    Olahraga dengan perut kosong
Lari pagi atau sesi angkat beban tanpa makan terlebih dahulu berisiko membuat kamu menjadi bad mood seharian, menurut penelitian Inggris belum lama ini. Makan sehat sebagai rutinitas pagi hari memberi kamu energi yang dibutuhkan otak untuk berfungsi dengan baik selama sisa hari, menurut para peneliti. Jadi, pastikan kamu mengisi bahan bakar dengan sarapan yang mengandung campuran protein dan karbohidrat.

 

4.    Menghemat protein
Sarapan dengan oatmeal atau pisang mungkin bisa menahan lapar selama beberapa jam, tetapi menunggu sampai makan siang atau makan malam untuk mendapatkan asupan protein bukanlah cara terbaik untuk membangun otot, menurut sebuah studi dari University of Texas. Jadi, bagi kamu yang sedang berjuang mendapatkan bentuk tubuh idaman, mulai rutinitas pagi hari dengan sarapan oatmeal yang dicampurkan dengan 3-4 telur untuk menyediakan 36 gram protein yang diperlukan tubuh, saran penasihat nutrisi Men's, Health Mike Roussell, Ph.D.

Komentar

250 Karakter tersisa