6 Manfaat Kale, Sayuran yang Menyehatkan Otak

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Ada yang tahu kale? Kale adalah jenis sayuran yang berdaun hijau yang tergolong dalam keluarga kubis seperti brokoli, kembang kol, dan sawi. Seperti saudaranya yang lainnya, kale mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Sayuran hijau ini kaya akan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang bisa menangkal beragam penyakit.

Satu gelas kale mentah mengandung 33 kalori, 3 gram protein, 2,5 gram serat yang membantu proses pencernaan, vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat dan vitamin B yang penting untuk perkembangan otak, asam alpha-linolenic dan lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung, lutein, zeaxantin, fosfor, kalium, kalsium, dan seng. 

Kale terdiri dari berbagai jenis, ada kale yang berdaun keriting, kale berdaun datar, atau bahkan kale yang berwarna hijau kebiruan dan masing-masing jenis kale mempunyai rasa yang berbeda-beda. Berikut manfaat kale yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca jugaInovatif, Perusahaan Ini Ciptakan Rumah yang Bisa Bawa Traveling

 

1.    Mencegah Penyakit Kanker
Sama seperti sayuran hijau lainnya kale sangat tinggi antioksidan. Antioksidan adalah zat yang membantu menangkal kerusakan oksidatif oleh radikal bebas di dalam tubuh. Kerusakan oksidatif salah satu pendorong utama penuaan dan banyak penyakit termasuk kanker. Selain itu antioksidan juga memiliki fungsi untuk melindungi jantung, tekanan darah rendah, anti inflamasi, anti virus, anti depresi dan anti kanker.

 

2.    Membantu Menurunkan Kolesterol
Mengonsumsi kale bermanfaat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung. Hal iu karena kale mengandung asam empedu sequestran yang dapat menurunkan kolesterol. Sebuah studi menemukan bahwa meminum jus kale setiap hari selama 12 minggu dapat meningkatkan kolestrol HDL (baik) sebesar 27% dan menurunkan LDL sebesar 10%, selain itu juga meningkatkan antioksidan. Cara mengonsumsi kale agar nutrisinya terjaga adalah dengan mengkukusnya. Dengan cara itu dapat meningkatkan asam empedu sehingga bisa menjadi salah satu obat penurun kolesterol.

 

3.    Melindungi Mata
Salah satu tanda paling umum dari penuaan adalah penglihatan menjadi lebih buruk. Kale memiliki mengandung beberapa nutrisi yang mampu mencegah hal ini terjadi. Dua di antara kandungan dalam kale tersebut ialah Lutein dan zeaxanthin. Banyak penelitian yang menunjukan dengan mengonsumsi zat tersebut memiliki risiko lebih rendah mengalami degenerasi makula dan katarak.

 

Baca jugaKeren, Luksemburg Jadi Negara Pertama yang Gratiskan Transportasi Umum

 

4.    Membantu Menurunkan Berat Badan
Kale sangat rendah kalori tapi masih memberikan nutrisi yang signifikan untuk tubuh sehingga membantu kamu merasa kenyang. Selain kalori yang rendah dan kadar air yang tinggi, kale juga memiliki kepadatan energi yang rendah sehingga membantu menurunkan berat badan dan sudah terbukti di banyak penelitian. Sayuran ini juga mengandung sedikit protein dan serat.

 

5.    Tulang sehat
Susu bukan satu-satunya yang mengandung kalsium dan membuat tulang kuat dan sehat. Menurut National Osteoporosis Foundation, kale mengandung kalsium, yang dapat membantu dalam pencegahan pengeroposan tulang. Jumlah kalsium satu cangkir kale sama dengan satu cangkir susu.

 

6.    Otak sehat
Kale mengandung banyak flavonoid dan zat besi, yang dapat mengurangi risiko stroke dan membantu membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh. Menurut University of Maryland Medical Center bahwa omega-3 asam lemak yang ditemukan dalam kale dapat meningkatkan memori otak, fungsi, dan kinerja secara keseluruhan.

Komentar

250 Karakter tersisa