6 Cara Memulai Olahraga Bagi Pemula yang Malas Gerak, Menurut Ahli

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Malas gerak sudah menjadi kebiasaan yang banyak dimiliki orang sekarang ini. Apalagi dengan semakin berkembangnya tekonologi, membuat segala urusan kehidupan menjadi semakin praktis dan membuat kamu tidak perlu lagi repot-repot mengurus kebutuhanmu. Namun, di samping keuntungan tersebut perkembangan tekonologi ini juga memberikan berbagai dampak negatif. 

Salah satunya dapat berakibat buruk pada kesehatan seseorang. Hal ini dikarenakan banyak orang yang malas berolahraga. Padahal olahraga secara konsisten ditawarkan oleh para ahli kesehatan mental sebagai mekanisme penanggulangan yang sangat kuat. Namun, jika kamu belum terbiasa berolahraga secara teratur, hal ini bisa sulit dilakukan. Para ahli kebugaran mengatakan tip nomor satu untuk kembali ke rutinitas latihan adalah mengambil langkah kecil. 

Menurut Sylvia Nasser, pelatih pribadi bersertifikat dan instruktur kebugaran grup Equinox, “mulailah dengan lambat, mulai dari dasar. Jangan terlalu keras, itu akan membuat kamu putus asa.” 
Para pelatih pribadi menawarkan tip terbaik mereka untuk memulai rutinitas kebugaran, latihan terbaik untuk pemula, dan berbagi pentingnya hari istirahat. Berikut cara memulai olahraga yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca juga7 Makanan yang Bisa Bantu Mengatasi Kulit Berminyak

 

1.    Temukan jenis olahraga yang benar-benar kamu sukai
Saat kamu pertama kali mulai berolahraga, mungkin perlu sedikit trial and error untuk menemukan sesuatu yang kamu sukai, kata Shana Schneider, instruktur kebugaran grup bersertifikat dan pendiri Fitstyle by Shana. Kabar baiknya, sebagian besar aplikasi latihan menawarkan uji coba gratis, dan ada banyak latihan gratis yang tersedia di YouTube dan Instagram.

 

2.    Beli pakaian olahraga yang lucu
Kamu berpakaian bagus untuk acara ketika ingin merasa percaya diri, seperti hangout dengan teman-teman atau kondangan, dan hal yang sama juga berlaku untuk berolahraga. Hal ini bisa membuat kamu lebih semangat berolahraga.

 

3.    Jalan kaki
Banyak orang terbiasa berjalan-jalan selama pandemi untuk menghirup udara segar dan menjaga kesehatan mental mereka. Kamu telah mengambil langkah pertama untuk memulai rutinitas latihan. 
"Saya tahu berjalan tidak terdengar seseksi beberapa rutinitas kebugaran lain di luar sana, tapi itu salah satu yang termudah untuk mulai dilakukan," kata Schneider. 
"Akmu dapat dengan mudah melacak kemajuan kamu dengan menghitung langkah-langkah itu atau melihat berapa lama sebenarnya kamu bisa pergi, dan meningkatkan intensitas kamu sendiri hanya dengan mengubah rute atau meningkatkan kecepatan."

 

Baca juga4 Tips Atasi Kecemasan dan Rasa Tidak Pasti di Masa Pandemi


 
4.    Perlahan-lahan mulai berlari
Jika kamu ingin mulai berlari, lakukan dengan lambat pada awalnya, kata Stephanie Blozy, pemilik Fleet Feet, seperti dilansir dari InStyle, Rabu (11/11/2020). "Diperlukan waktu enam hingga 10 minggu bagi tubuh kamu untuk beradaptasi dengan pekerjaan yang dibutuhkan saat berlari,” lanjutnya.

 

5.    Jangan lupa melakukan peregangan sebelum berolahraga
Banyak orang tahu peregangan penting untuk rutinitas kebugaran, tetapi mereka tidak tahu cara yang tepat untuk melakukan peregangan, kata Demi Dee, pelatih dan pendiri The Knockout Room. Jika kamu memulai rutinitas latihan, ingatlah ini untuk mencegah cedera.

 

6.    Rendahkan ekspektasi
Saat kamu memulai rutinitas latihan, mudah untuk berkecil hati jika kamu tidak melihat hasil secepat yang kamu inginkan. Namun yang paling penting adalah tetap muncul untuk latihan dan menghilangkan ekspektasi itu.

Komentar

250 Karakter tersisa