5 Manfaat Teh Hitam Jika Diminum Secara Rutin

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta - Mengonsumsi teh sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Minuman yang biasa dikonsumsi pagi atau sore ini, ternyata memiliki ragam jenis, salah satunya teh hitam. Teh hitam dipercaya berasal dari daratan China lalu menyebar ke seluruh dunia. Baik teh hitam maupun teh hijau, keduanya berasal dari tanaman teh yang sama yakni camellia sinensis. Perbedaan teh hitam dan teh lainnya adalah proses pengolahannya. Teh hitam dibuat melalui proses daun teh yang dibiarkan teroksidasi sepenuhnya sebelum diproses dan dikeringkan.

Selama oksidasi, oksigen berinteraksi dengan dinding sel tanaman teh untuk mengubah daun yang kaya warna coklat gelap menjadi hitam yang kemudian kita kenal dengan daun teh hitam. The hitam juga terkenal sebagai pengganti kopi bagi orang yang sensitif terhadap kopi. Minum teh hitam di pagi hari juga bisa memberikan energi karena tetap mengandung kafein, meskipun lebih sedikit. 

Namun, jika diminum secara rutin, teh hitam ternyata juga bisa memberikan manfaat. Berikut manfaat teh hitam yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca jugaPenyebab Jerawat di Bagian Wajah dan Cara Mengatasinya

 

1.    Melawan bau mulut
Rutin minum teh hitam membuat napas lebih segar dan bebas bau mulut. Menurut Dr. Mike Golpa, “Ini karena kandungan polifenol di dalam teh hitam dapat membunuh bakteri yang paling sering menyebabkan bau mulut."


2.    Mengurangi nafsu makan
Hillary Cecere, ahli diet terdaftar, mengatakan "kamu mungkin mengalami pengurangan nafsu makan karena kandungan kafein yang ditemukan dalam teh hitam, yang dapat bermanfaat bagi upaya penurunan berat badan.” Hanya saja, jangan gabungkan teh hitam dengan makanan manis, seperti donat, untuk sarapan.

 

3.    Lebih sedikit gigi berlubang
Dr. Mike juga mengungkapan, “Teh hitam bisa melawan gigi berlubang karena teh adalah sumber fluorida alami. Jika digabungkan dengan asam tannic, yang juga terdapat dalam teh, maka akan membantu memperkuat enamel gigi secara alami dan kamu memiliki pertahanan alami terhadap gigi berlubang." Asal jangan lupa untuk selalu menyikat gigi dua kali sehari, membersihkan gigi dengan benang, menghindari gula, dan melakukan pemeriksaan rutin.

 

Baca juga5 Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi yang Perlu Diperhatikan, Jangan Sepelekan

 

4.    Meningkatkan fokus
Jika minum teh hitam setiap hari, kamu dapat membantu untuk lebih fokus, seperti dikatakan oleh Dr. Uma Naidoo, direktur psikiatri nutrisi dan gaya hidup. "Theanine adalah asam amino yang unik dalam teh, yang dapat meningkatkan perhatian dengan merilekskan otak, tetapi menstimulasinya ketika sudah waktunya untuk fokus," katanya.

 

5.    Kadar antioksidan meningkat
Secara khusus, antioksidan dapat membantu menghilangkan sel-sel yang rusak oleh penyakit dan radikal bebas. Ketika berbicara tentang minuman yang kaya antioksidan, teh hitam berada di urutan teratas karena kaya akan polifenol, termasuk theaflavin, thearubigins, dan katekin, yang semuanya dibutuhkan oleh tubuh agar tetap berjalan dengan lancar.

Komentar

250 Karakter tersisa