Peneliti Ungkap Makan dengan Warna Piring Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta - Tak sekadar jadi alas, studi ungkap piring dengan warna tertentu juga turut pengaruhi nafsu makan. Dengan memilih warna piring yang kontras dengan warna makanan, keinginan kamu untuk makan tidak jadi bisa terkontrol. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research menemukan bahwa ukuran piring yang digunakan untuk tempat makan juga memiliki efek terhadap nafsu makan dan kebiasaan makan. 

Penelitian menjelaskan bahwa ilusi pada ukuran dan warna piring akan menciptakan kesan tersendiri terhadap makanan. Profesor psikolog dari Oxford, Charles Spence, PhD mengatakan warna dari alat makan, khususnya piring, dapat membawa perilaku makan yang tidak sehat. Dalam penelitiannya, dia menemukan piring berwarna putih dapat memperbesar keinginan makan berlebih.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menunjukkan bahwa menggunakan piring berwarna merah dengan ukuran lebih kecil ternyata juga mampu mengurangi porsi makan dan menurunkan nafsu makan. Disarankan untuk mengurangi nafsu makan, khususnya makan camilan yang asin dan gurih, sebaiknya kamu makan dengan cara menggunakan sendok dan garpu berwarna merah.

 

Baca jugaBenarkah Cahaya Biru Smartphone dan Laptop Berakibat Buruk untuk Kulit ?

 

Sementara itu, Harvard Medical School menganjurkan penggunaan piring dengan warna menenangkan seperti pink pastel atau abu-abu, yang akan membuat kamu makan lebih lambat dan tak terburu-buru. Nutrisionis Jenna Obeid juga mengatakan penggunaan warna gelap seperti biru tua, hitam atau merah saat makan nasi putih juga dapat membantu mengontrol porsi.

Tak cuma saat makan nasi, 'aturan' warna ini juga dianjurkan saat kamu mengonsumsi makanan penutup seperti es krim. Wansink menuturkan saat makan es krim vanila misalnya, kamu lebih dianjurkan untuk menggunakan wadah berwarna gelap. Sebaliknya, saat makan es krim cokelat, sebaiknya gunakan wadah berwarna cerah seperti putih atau kuning.

Komentar

250 Karakter tersisa