5 Jenis Diet yang Sehat dan Efektif Turunkan Berat Badan

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Untuk mendapatkan berat badan yang ideal ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan diet. Diet kerap diartikan sebagai upaya menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan dan membatasi jenis makanannya. Itu sebabnya banyak yang beranggapan diet hanya perlu dijalani oleh orang-orang kegemukan yang ingin kurus.

Diet dalam artian sebenarnya bukan semata bertujuan menurunkan berat badan. “Diet” adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang secara harfiah artinya “makanan yang biasa dimakan”. Kata “diet” itu sendiri berakar dari bahasa Yunani Kuno yang artinya “cara hidup”. Bukan tidak makan sama sekali, diet yang dimaksud di sini adalah mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, sehingga kamu tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Seiring berkembangnya zaman kini banyak bermunculan diet yang mudah kamu lakukan dan nyaman dilakukan tanpa perlu tersiksa. Berikut jenis diet yang sehat dan efektif menurunkan berat badan yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca jugaKeren, Vietnam Buka Hotel Berlapis Emas Pertama di Dunia

 

1.    Diet Militer
Walaupun namanya diet militer, tapi diet ini tidak sesulit yang kamu bayangkan. Karena diet ini bertujuan untuk menurunkan berat badan secara cepat, yang boleh kamu konsumsi adalah makanan rendah kalori dan minim karbohdirat. Menu yang bisa kamu coba adalah secangkir teh atau kopi panas tanpa gula dan susu dengan satu potong roti gandum lalu oleskan atau bisa memakan setengah porsi buah. Untuk di siang hari, kamu bisa mengganti selai dengan daging yang direbus. Begitupun untuk menu malam hari. Cukup lakukan diet ini selama tiga hari dalam seminggu, dijamin berat badanmu pasti turun. Kamu bisa melakukannya lagi di minggu berikutnya untuk hasil yang maksimal.

 

2.    Diet Zona
Diet zona adalah diet dimana yang kamu konsumsi adalah sayur, daging, dan buah-buahan. Tidak hanya ampuh dalam menurunkan berat badan, diet yang satu ini juga dapat membakar lemak dengan cepat dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

 

3.    Diet Keto
Diet keto juga mengandalkan lemak dan protein dan mengesampingkan karbohidrat. Tidak hanya dapat membantu kamu menurunkan berat badan dengan cepat, diet keto juga memiliki manfaat lain seperti mengontrol nafsu makan, mengontrol kadar gula darah, dan membuat otak menjadi lebih fokus.

 

Baca jugaDisetujui FDA, Begini Penampakan Masker Transparan Pertama di Dunia

 

4.    Diet Atkins
Pola diet yang satu ini berfokus pada pola makan yang tinggi lemak dan protein. Diet ini dibagi dalam empat tahapan yaitu tahap induksi, tahap ongoing weight loss, tahap pre-maintainance, dan tahap lifetime maintainance. Saat diet ini kamu disarankan untuk mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Pilihan makanan seperti ayam, ikan, daging-dagingan, telur bisa kamu konsumsi. Untuk sayuran pilih sayuran hijau, wortel, atau tomat. Karena pada saat diet ini kita mengurangi karbohidrat, cadangan lemak yang ada di tubuh pun akan lebih mudah terbakar. Hasilnya, berat badan pun akan lebih cepat turun. 

 

5.    Diet General Motors
Diet yang lebih dikenal dengan nama diet GM ini mampu menurunkan berat badan hingga 8 kilogram dalam waktu satu minggu. Kombinasi menu makan selama seminggu mampu membuat metabolisme tubuhmu meningkat dan racun akan terbuang dari tubuhmu. Sebagai contoh, untuk hari pertama kamu hanya boleh mengonsumsi berbagai macam buah kecuali pisang. Di hari kedua kamu hanya boleh memakan sayur. Sedangkan di hari ketiga kamu bisa mengombinasikan buah dan sayuran. Di hari keempat kamu hanya boleh mengonsumsi pisang dan susu. Di hari kelima dan keenam kamu boleh memakan daging dengan beberapa irisan tomat. Lalu, di hari ketujuh kamu boleh memakan nasi merah, sayuran, dan jus tanpa gula. 

Komentar

250 Karakter tersisa