Kaltim Siapkan Diri Jadi Tuan Rumah Olahraga Pelajar 2020

Foto: Pixabay

 

Schoolmedia News, Samarinda - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akan menjadi tempat berlangsungnya even olahraga skala regional yakni Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) IV 2020 pada September 2020. Hingga saat ini, pemerintah daerah setempat masih mempersiapkannya untuk kelancaran perhelatan tersebut, termasuk berkoordinasi dengan  Kemenpora.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora0 Kaltim, H Muhammad Syirajudin di Samarinda, Jumat, mengatakan pihaknya sudah melakukan langkah persiapan untuk menggelar even olahraga para siswa tersebut.

"Popwil akan mempertandingkan sebanyak 8 cabang olahraga (cabor). Yakni tenis meja, tenis lapangan, pencak silat, bola basket, bola voli, sepakbola, sepak takraw dan bulutangkis," ujar Syirajudin, Jumat, 14 Februari 2020.

 

Baca juga: Piala Dunia 2022, Cucu: PSSI Tidak Mau Timnas Tampil Memalukan di Babak Kualifikasi

 

Dia menambahkan bahwa Dispora terus menjalin koordinasi dengan pengurus cabang olahraga dalam rangka membentuk kepanitian.

"Pelaksanaan memang beberapa bulan lagi. Tetapi, tetap harus dipersiapkan. Para pengurus Pengprov Cabor pun turut dilibatkan guna melengkapi data wasit nasional yang dimiliki cabor provinsi, penyiapan atlet dari masing-masing cabor, venue pertandingan, serta hal penunjang lainnya," ucapnya.

Syirajuddin mengemukakan Popwil diikuti sejumlah provinsi yang tergabung dalam wilayah IV. Terdiri dari Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, dan tuan rumah Kalimantan Timur yang menjadi babak kualifikasi menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS).

 

Baca juga: Survey: Bantuan PHK Sebagian untuk Beli Perlengkapan Sekolah

 

Menurutnya POPWIL merupakan agenda rutin Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menjadi sarana dan babak kualifikasi 8 (delapan) cabor.

Kegiatan ini, kata Syirajudin, sekaligus sebagai awal evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar di daerah menuju POPNAS.

"Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari Sistem Kompetisi Olahraga Pelajar secara nasional yang berjenjang dan berkelanjutan," tambahnya.

Komentar

250 Karakter tersisa