Penelitian Ungkap, Menonton Acara Olahraga Sama Efeknya Seperti Olahraga

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Pertandingan olahraga sangat menyenangkan untuk ditonton. Pertandingan olahraga yang hanya disaksikan oleh orang dewasa, tidak sedikit juga anak-anak yang suka menonton pertandingan tersebut. Menonton pertandingan olahraga membuat kamu bisa mengenalkan berbagai macam jenis olahraga. 

Bukan tidak mungkin kalau nanti ada olahraga yang menjadi kegemaran dan serius ditekuni. Selain mengenalkan tentang olahraga, kamu juga bisa tahu tentang profesi atlet. Atlet harus disiplin dan menjaga makanan serta rutin berlatih untuk menjadi hebat. Tak hanya itu, menurut sebuah penelitian, menonton pertandingan olahraga yang seru memiliki efek yang sama pada jantung, seperti pada orang yang melakukan olahraga.

Peneliti dari Royal West Academy di Kanada menemukan bahwa merasakan kegembiraan atau kesedihan saat menonton pertandingan olahraga dapat membuat sistem kardiovaskular bekerja dengan keras. Tingkat detak jantung orang yang menyaksikan pertandingan di televisi naik sebanyak 75%, sedangkan yang secara langsung naik hingga 110%.

 

Baca jugaMelihat Foto atau Video Hewan Lucu Ternyata Bermanfaat untuk Otak

 

Hasil penelitian menyebutkan, mereka yang menonton pertandingan di televisi, detak jantungnya meningkat sebanyak orang yang melakukan olahraga yang sulit. Sementara mereka yang menyaksikannya langsung, mengalami peningkatan denyut jantung yang sama dengan orang yang bersemangat saat melakukan olahraga.

Banyak orang berpikir bahwa efek paling kuat yang memengaruhi detak jantung terjadi saat menjelang akhir pertandingan. Tapi, menurut para peneliti, hal tersebut bukanlah penyebab utamanya. Sebaliknya, mereka menemukan bahwa detak jantung penonton pertandingan olahraga naik setiap ada kesempatan mencetak gol atau babak tambahan.

“Analisis ini mendukung anggapan bahwa bukan hasil permainan yang menentukan respons stres emosional penonton, melainkan kegembiraan yang dialami saat menyaksikan intensitas pertandingan yang tinggi,” jelas Dr. Paul Khairy, anggota tim penelitian ini.

Karena detak jantung dapat meningkat cukup drastis, para ahli menyarankan dokter untuk memperingatkan pasiennya yang memiliki kesehatan jantung buruk, mengenai potensi bahaya hal ini. Karena jika terlalu bersemangat, bisa jadi menonton pertandingan olahraga akan menimbulkan dampak buruk bagi mereka.

Komentar

250 Karakter tersisa