9 Cara Mengatasi Pori-pori Besar Pada Wajah, Sederhana dan Mudah

Foto: Pixabay

 

Schoolmedia News, Jakarta – Tinggal di daerah tropis dan lembap membuat mayoritas perempuan Indonesia memiliki masalah pori-pori wajah yang besar dan terbuka. Belum lagi, masalah ini bisa berujung pada munculnya komedo, whitehead, dan yang paling menyebalkan adalah jerawat. Biasanya kebanyakan orang akan menutupi pori-pori wajah mereka dengan menggunakan makeup. 

Salah satu cara mengecilkan tampilan pori-pori besar di wajah adalah dengan memakai base makeup. Tapi sayangnya trik tersebut tidak akan berlangsung lama. Karena setelah makeup dibersihkan maka pori-pori wajah akan kembali seperti semula. Pori-pori tidak seperti pintu yang bisa dengan mudah dibuka dan ditutup. 

Jadi, jika ada produk perawatan kulit yang mengklaim bisa menghilangkan atau menutup pori-pori, khususnya dalam waktu singkat, jangan langsung percaya. Ada beberapa hal yang menyebabkan pori-pori pada wajah menjadi lebih besar. Pertama karena produksi sebum yang berlebihan pada wajah. 

 

Baca jugaKisah Khalil Rafati, Gelandangan yang Sukses Berkat Jual Jus

 

Biasanya dikarenakan makanan yang dikonsumsi, stres, paparan sinar matahari atau pemilihan produk perawatan yang salah. Penyebab kedua yang membuat pori-pori wajah besar adalah pertambahan usia. Semakin bertambahnya usia maka kulit akan semakin kehilangan elastisitasnya. Berkurangnya elastisitas kulit disebabkan dari produksi kolagen yang melambat atau bisa juga karena paparan sinar matahari.

Faktor keturunan atau gen juga dapat mempengaruhi besar atau kecilnya pori-pori wajah. Untuk membantu mengatasi masalah pori-pori yang kerap muncul, berikut cara yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

1.    Menggunakan Yoghurt juga bisa dipakai sebagai masker. Kandungan asam laktat yang dimilikinya mampu mengurangi sel kulit mati, sehingga pori-porimu tidak tersumbat.

 

Baca jugaRamah Lingkungan, Converse Luncurkan Koleksi Sneakers Nol Karbon

 

2.    Gunakan putih telur. Putih telur efektif untuk mengencangkan kulit dan mengontrol produksi sebum.

 

3.    Lakukan eksfoliasi wajah maksimal dua kali seminggu. Kamu bisa pakai bahan alami seperti campuran gula dan madu. Tujuannya adalah untuk mengangkat debu, kotoran, dan minyak yang menyumbat pori-pori.

 

4.    Gunakan pelembap setiap hari meski jenis kulitmu berminyak. Rutin pakai pelembap mampu mencegah produksi sebum yang berlebihan, sehingga pori-pori tampak lebih kecil.

 

5.    Hindari skincare yang berbahan dasar minyak. Semakin banyak minyak di wajah, maka akan semakin membuat pori-pori terlihat besar. Pilihlah produk yang terbuat dari air atau gel.

 

Baca jugaMenurut Ahli Shampo Anti Ketombe Bisa Bantu Atasi Jerawat

 

6.    Jangan lupa untuk selalu memakai sunscreen. Sebab, paparan sinar matahari dapat merusak kulit yang akhirnya membuat pori-pori terlihat besar dan terbuka.

 

7.    Masker tanah liat atau clay mask juga efektif memperkecil tampilan pori-pori. Masker jenis ini bisa menyerap semua kotoran dan mengencangkan tekstur kulit.

 

8.    Gel aloe vera bisa memperkecil tampilan pori-pori. Sebab, tumbuhan tersebut memiliki kandungan emollient dan astringent yang bisa melembutkan dan membersihkan pori-pori.

 

9.    Jangan malas membersihkan wajah pada pagi dan malam hari, apalagi setelah memakai makeup. Ini bertujuan untuk mengangkat semua partikel asing yang berpotensi menyumbat pori-pori.

Komentar

250 Karakter tersisa