Ramah Lingkungan, Converse Luncurkan Koleksi Sneakers Nol Karbon

Foto: Converse

 

Schoolmedia News. Jakarta - Saat ini semakin banyak brand yang mencari solusi untuk menghasilkan produk yang lebih ramah lingkungan, termasuk merek sepatu Converse. Sebagai perusahaan yang sudah berusia 110 tahun, Converse terus mencoba menemukan cara-cara baru untuk membuat produknya lebih baik, lebih efisien dan lebih ramah lingkungan.

Contohnya adalah label sepatu Converse dengan koleksi bertajuk 'Renew'. Koleksi yang pertama kali dihadirkan pada tahun lalu ini dibuat menggunakan bahan-bahan daur ulang. Tahun lalu, Converse memanfaatkan botol plastik untuk diolah menjadi kanvas dan denim yang tidak terpakai lagi untuk dijadikan sepatu denim. Untuk spring summer 2020, Converse memperkenalkan material katun daur ulang yang dibuat dari sisa-sisa kanvas dari proses pembuatan. 

Koleksi yang diberi nama 'Renew Cotton' ini memiliki tekstur yang unik berkat proses daur ulang yang lakukan, sehingga memberikan keistimewaan tersendiri. Dua model sepatu ikonis Converse dihadirkan dengan bahan yang ramah lingkungan ini, yaitu Chuck Taylor All Star dan Chuck 70 dalam varian low-top maupun high-top.

Belum lama ini Converse membuat sebuah koleksi sneakers daur ulang lagi yang dijual dengan harga $95 atau sekitar Rp2,8 juta. Sepatu koleksi terbaru dari Converse ini diberi nama  Chuck Taylor All Star Crater, dilansir dari Hypebae, Senin (3/8/2020).

 

Baca juga3 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Hand Sanitizer

 

"Converse Chuck Taylor All Star Crater adalah bagian dari perjalanan Nike.Inc menuju nol karbon dan nol limbah. Dalam mengubah sampah menjadi artifkulari baru yang indah dari koleksi ini. Converse mencapai setidaknya 40 persen konten daur ulang dari total bobot," ungkap Converse dalam siaran pers.

Sneakers ini terbuat dari campuran morphlon daur ulang dan polyester yang ramah lingkungan. Sol busa Crater tidak hanya memiliki tampilan berbintik yang funky namun juga dibuat dari sebagian karet Nike Grind daur ulang dan sisa busa dari sepatu yang digunakan ulang. Chuck Taylor Craters memiliki gaya hightop yang klasik ala Converse. 

Dengan gaya klasik Converse, sneakers ini hanya hadir dalam tiga varian warna. Yakni Hero Charcoal Chambray Blue, Black Chambray Blue, dan White Chambray Blue. Masing-masing memiliki bintik warna lain yang memberi mereka pop ekstra. Kehadiran koleksi sneakers menjadi bagian dari upaya Nike.Inc untuk mencapai nol limbah dan karbon. Perusahaan berharap bahwa mereka bisa menggunakan 100 persen bahan ramah lingkungan pada 2025.

Komentar

250 Karakter tersisa