6 Manfaat Lemon Balm Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Kurangi Stres

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Siapa yang takt ahu lemon balm? Mungkin bagi sebagian orang lemon balm memang terdengar asing. Lemon balm merupakan sebuah tanaman yang bentuknya menyerupai daun mint, namun baunya seperti lemon. Lemon Balm ini berasal dari Eropa, namun kini persebarannya hingga di seluruh dunia. 

Lemon Balm tidak hanya tumbuh di kebun-kebun herbal, tetapi juga dikembangkan untuk kosmetik dan cat. Tanaman ini bisa tumbuh sampai 2 meter, bahkan kadang-kadang lebih tinggi. Pada musim semi dan musim panas, bunganya yang berwarna kuning muda bermekaran. Sedangkan daunnya sangat sangat kusut berwarna hijau tua atau hijau kekuningan, tergantung pada tanah dan iklim. 

Tanaman lemon balm memiliki daun bulat berbentuk hati yang memancarkan bau lemon saat dihancurkan. Tanaman yang bernama latin Melissa officinalis ini juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Berikut 6 manfaat lemon balm bagi kesehatan yang Schoolmedia News lansir dari Boldsky, Rabu (20/5/2020).

 

Baca jugaRestoran di Bangkok Gunakan Boneka Panda untuk Temani Tamu Makan

 

1.    Meredamkan Kram Menstruasi
Lemon balm jika dikonsumsi dalam bentuk kapsul, bisa mengurangi gejala menstruasi. Menurut sebuah penelitian mengkonsumsi 1.200 mg lemon balm setiap hari selama tiga bulan ketika siklus menstruasi dapat meredakan kram akibat menstruasi.

 

2.    Mencegah Jantung Beredar 
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, daun lemon balm memiliki kemampuan untuk mengurangi efek jantung berdebar dan kecemasan. Minyak esensial lemon balm saat digunakan sebagai aromatic bisa membantu menurunkan kagar trigliserida tinggi dalam darah.

 

3.    Mengurangi Insomnia  
Lemon balm bisa mengobati gangguan tidur dan kegelisahan saat dikombinasikan dengan ramuan valerian. Akar valerian adalah salah satu tanaman herbal yang berasal dari Eropa dan sebagian wilayah Asia. Lemon balm yang dikombinasi dengan valerian juga bisa mengurangi gejala gangguan tidur selama menopause.

 

Baca jugaCegah Stres, Bos Perusahaan Ini Beri Karyawan Liburan Mewah Tiap Tahun

 

4.    Mengurangi Peradangan dan Rasa Sakit
Sifat anti-inflamasi lemon balm bisa membantu mengobati penyakit yang berhubungan dengan peradangan dan rasa sakit. Efek antinociceptif dari ekstrak etanol dari daun lemon balm dan asam rosmarinic dapat membantu memerangi rasa sakit dan peradangan.

 

5.    Menurunkan Diabetes
Aktivitas antioksidan minyak atsiri lemon balm memiliki efek mendalam dalam menurunkan kadar gula darah tinggi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition, minyak esensial bisa mengurangi stres oksidatif dan kadar gula darah tinggi pada pasien diabetes.

 

6.    Mengurangi Stres dan Kecemasan
Menurut sebuah penelitian, lemon balm bisa mengurangi stres dan menginduksi rasa tenang dalam tubuh. Makanan yang mengandung lemon balm memiliki efek positif pada suasana hatimu yang juga mengurangi stres dan kecemasan. Selain itu, lemon balm bermanfaat untuk mengobati sakit kepala terkait stres. Sifat santai ramuan ini bisa membantu melepaskan ketegangan, melemaskan otot-ototmu dan membuka pembuluh darah ketat yang berkontribusi pada sakit kepala.

Komentar

250 Karakter tersisa