6 Makanan yang Lebih Baik Dibeli Beku Daripada Segar

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Makanan beku terkadang diragukan terkait kandungan nutrisinya. Akan tetapi, pakar gizi justru mengatakan ada beberapa jenis makanan yang lebih baik apabila dibeli dalam kondisi beku. Pakar nutrisi berlisensi Amerika Serikat, Tracy Lockwood Beckerman, mengungkap hal itu pada salah satu episode serial "You Versus Food" di Youtube. 

Dia menjelaskan esensi dari pembekuan makanan, yang diibaratkan seperti tombol "pause". Kondisi demikian berlaku untuk semua makanan, baik ikan, sayur, maupun buah. Akan tetapi, ikan bisa lebih bergizi dalam wujud beku karena biasanya langsung dibekukan setelah ditangkap, sehingga ada di puncak nutrisi.

Saat berbelanja bahan makanan, kamu mungkin akan mencari yang masih segar karena berpikir kualitasnya jauh lebih baik. Beberapa bahan makanan di bawah ini, sebaiknya dibeli saat sudah dibekukan daripada yang masih segar. Berikut penjelasannya yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca jugaCara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Paling Efektif Menurut Ahli

 

1.    Buah beri
Raspberry, stroberi, dan blueberry bisa dengan cepat berjamur, bahkan saat masih berada di supermarket. Jadi, lebih baik beli yang beku karena dapat mengunci nutrisi di dalamnya dan kamu bisa menikmatinya kapan saja.

 

2.    Ikan
Proses penangkapan ikan sekarang dilakukan dengan membekukan hasil tangkapannya saat masih di atas kapal pada suhu -40°C, yang akan mengunci kesegaran ikan. Proses pembekuan ini juga membantu membunuh parasit dan patogen lain yang dapat menempel di ikan dan membuat kamu sakit saat memakannya.

 

3.    Brokoli
Sayuran yang masih anggota keluarga kubis ini bisa berubah menjadi pucat dan layu saat diletakkan di lemari es sepanjang minggu. Belilah brokoli beku, yang hampir segar seperti saat dipanen dan akan tetap seperti itu selama berminggu-minggu.

 

Baca juga5 Manfaat Teh Hitam Jika Diminum Secara Rutin

 

4.    Daging giling
Warna daging giling segar bisa berubah menjadi kecoklatan saat disimpan di lemari es hanya dalam beberapa hari. Meski aman untuk dimakan, tetapi tidak terlihat begitu menggugah selera. Daging giling lebih cepat rusak daripada daging utuh karena lebih banyak permukaannya yang terpapar oksigen sehingga bakteri apa pun akan tercampur dan mulai berkembang biak. Jadi, belilah daging giling dan bekukan sendiri, yang seharusnya tetap aman selama satu tahun atau lebih. Namun, untuk rasa terbaik, sebaiknya diolah dalam waktu 3-4 bulan.

 

5.    Roti
Tidak ada yang mengalahkan nikmatnya rasa roti panas dari oven. Namun, begitu dibawa pulang, roti mulai basi setelah beberapa hari dan akhirnya menjadi berjamur. Selain membeli roti beku, kamu bisa membekukan roti sendiri di rumah dan masukkan ke dalam pemanggang roti atau oven sebelum dimakan.

 

6.    Daging ayam dan ungas
Daripada bolak-balik membeli yang segar, lebih baik beli yang beku dan bisa disimpan dengan aman selama berbulan-bulan, bukan hanya berhari-hari. Daging ayam atau kalkun utuh bahkan bisa disimpan dengan aman hingga satu tahun. Pindahkan saja ke lemari es bawah malam sebelum kamu ingin memasaknya untuk mencairkan bahan makanan yang beku ini.

Komentar

250 Karakter tersisa