5 Manfaat Propolis Bagi Kecantikan yang Jarang Diketahui

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Kamu pasti sudah sering mendengar tentang propolis berbagai produk kesehatan. Propolis adalah salah satu hasil eksplorasi dari lebah. Sehingga sering disebut juga Bee Propolis. Propolis adalah semacam getah yang dikumpulkan lebah madu dari berbagai pohon, aliran getah, atau sumber botani lainnya, yang digunakan oleh lebah untuk menutupi atau memperbaiki celah pada sarangnya.

Bahan yang terkandung dalam propolis sangatlah komplek yaitu sekitar 200 komponen yang teridentifikasi. Namun secara garis besar propolis terdiri dari :
•    Balsam : 50% (polifenol)
•    Getah  : 30%
•    Minyak esensial : 10%
•    Pollen : 5%
•    Zat organik lain : 5%
Kandungan Polifenol yang tinggi di dalam bee propolis berfungsi sebagai anti-bakteri, antivirus, anti jamur, anti, oksidan, anti peradangan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya bagus untuk tubuh, propolis juga bagus untuk kecantikan. Berikut manfaat propolis untuk kecantikan yang Schoolmedia News lansir dari berbagai sumber.

 

Baca juga5 Gangguan Mental yang Kerap Menyerang Remaja, Wajib Diwaspadai

 

1.    Mengatasi jerawat
Bahan alami yang terkandung pada propolis mampu membunuh berbagai bakteri jahat salah satunya yaitu bakteri penyebab timbulnya jerawat. Itulah mengapa sudah ada beberapa skincare yang terdapat propolis sebagai salah satu kandungannya.

 

2.    Melembapkan kulit
Propolis bisa melembapkan kulit yang kering. Contohnya ketika salah satu spot di kulitmu kering akibat bekas luka, tinggal dipakaikan beberapa tetes propolis maka akan terasa bedanya. Selain melembapkan, propolis juga memberikan efek menenangkan kulit.

 

3.    Mengontrol minyak berlebih
Kulit berminyak sering kali dianggap sebagai salah satu penyebab timbulnya jerawat. Demi menanganinya, cobalah produk skincare yang mengandung propolis untuk mengatasi produksi sebum berlebih di wajah.

 

4.    Melawan radikal bebas
Propolis mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas seperti polusi atau sinar UVA dan UVB yang berbahaya pada kulit. Selain itu jangan lupa selalu memakai sunscreen setiap kali keluar rumah.

 

5.    Mencerahkan wajah
Propolis juga memiliki kandungan yang bernama flavonoid. Kandungan ini dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan noda-noda hitam di wajah. 

Komentar

250 Karakter tersisa