5 Cara Memperbaiki Mood yang Kurang Stabil saat PMS

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta - Sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS) adalah kondisi yang terjadi sebelum wanita mengalami haid. Menjelang kedatangan bulan, banyak wanita yang mengalami gejolak emosi tak menentu. Gejala PMS ini terbilang wajar, meski mood swing yang berat bisa saja mengganggu aktivitas sehari-hari.

Meskipun gejala PMS seperti mudah tersinggung, marah dan perubahan suasana hati, merupakan gangguan bulanan bagi kebanyakan perempuan. PMS yang parah dapat melemahkan emosi bagi sebagian perempuan. Perubahan gaya hidup dapat membantu perempuan mengontrol suasana hati dan emosionalnya. Berikut cara memperbaiki mood saat PMS yang Schoolmedia News lansir dari berbagai sumber.

 

1.    Olahraga
Aktivitas fisik dapat mengontrol suasana hati dengan baik. Berolahraga diyakini membuat endorfin, zat kimia otak yang membuat perasaan nyaman yang dilepaskan selama berolahraga. Olahraga dapat membantu melawan beberapa perubahan hormon yang dapat memicu PMS parah. Latihan fisik juga dapat meningkatkan energi dan membantu mengatasi kram dan kembung selama menstruasi.

 

Baca juga3 Jenis Mainan yang Bisa Bantu Asah Kreativitas dan Imajinasi Anak

 

2.    Istirahat 
Beberapa perempuan mengalami gejala PMS berupa fisik yaitu nyeri badan dan cepat lelah. Rasa ini akan merembet ke perubahan mood kamu. Jangan memaksa diri untuk aktif berkegiatan saat PMS. Lebih baik, atur waktu tidurmu yang cukup dan berkualitas supaya besok bisa menghadapi hari dengan hati yang senang.

 

3.    Makan Porsi Kecil Tetapi Sering
Makan dengan porsi kecil sepanjang hari daripada makan besar dapat juga membantu meringankan gejala PMS. Makan besar, terutama yang tinggi karbohidrat dapat menyebabkan perubahan gula darah yang dapat memperburuk PMS. Cobalah makan enam porsi kecil seharian untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

 

4.    Hindari Kafein dan Alkohol
Menjauhi kopi dan minuman berkafein lainnya selama 2 minggu sebelum menstruasi dapat membuat suasana hati berbeda karena kafein dapat meningkatkan kecemasan, kegugupan dan insomnia. Hindari permen, soda dan makanan manis lainnya terutama pada minggu sebelum menstruasi. Ini dapat membantu meringankan gejala PMS yang parah dengan mencegah perubahan suasana hati yang berkait dengan fluktuasi gula darah.

 

5.    Mengelola Stres
Stres dapat memperburuk gejala PMS yang parah, jadi mencari cara untuk menghilangkan stres dapat membantu mengobati PMS. Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam dan yoga.

Komentar

250 Karakter tersisa