3 Tips Mengurangi Rasa Gugup Ketika Public Speaking

Foto: Pixabay

 

Schoolmedia News, Jakarta - Saat ini, public speaking adalah salah satu skill yang wajib dikuasi oleh semua kalangan. Mulai dari pelajar, karyawan, hingga pelaku bisnis, semuanya tak terlepas dari public speaking. Namun, pernahkah kamu merasa gugup saat akan berbicara di depan banyak orang? Sarah Gershman, seorang praktisi public speaking dari Georgetown University, selalu bertanya kepada kliennya apa yang membuat mereka gugup. Jawabannya hampir seragam. Kebanyakan orang yang mengalami masalah ini biasanya tipikal yang tidak suka diawasi, tidak suka menjadi sorotan banyak orang, atau merasa kurang percaya diri.

Lalu apa yang terjadi? Ketika sedang diatas panggung, public speaker dengan masalah seperti ini biasanya akan menghindari kontak mata dengan audiens. Namun disitulah letak masalahnya. Menghindari kontak mata dengan audiens mungkin bisa sedikit meredakan kecemasan, padahal sebenarnya hal itu justru membuat kamu semakin gugup. Berikut tips untuk mengurangi rasa gugup ketika di depan banyak orang seperti Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Kenali Siapa Audiens Kamu

Sebelum melakukan presentasi, kesalahan yang sering dilakukan adalah langsung mempersiapkan topik materi. Hal ini sebenarnya akan menyulitkan kamu untuk bisa menyatu dengan audiens. Sebaliknya, mulailah dengan mencari tahu siapa audiens kamu, kenapa mereka ada di sana, informasi apa yang mereka butuhkan, dan berikan jawaban yang spesifik terkait hal tersebut. Jika sudah tahu jawabannya, selipkan pokok-pokok pikiran yang sekiranya berhubungan dengan karakter audiens kamu. Dengan begitu, audiens akan lebih mudah memahami apa yang sedang kamu bicarakan.

 

Baca juga6 Tips Agar Tidak Salah dalam Memilih Jurusan Kuliah

 

2. Fokuskan Pikiran Sebelum Memulai Public Speaking

Ketika kamu merasa gugup sebelum melakukan publick speaking, itu berarti ada yang salah dengan cara berpikir kamu. Hal itu biasanya karena kamu merasa cemas atas penilaian orang atau selalu dibayang-bayangi oleh kegagalan. Jika kamu mulai berpikir seperti itu, segera fokuskan kembali pikiranmu. Tanamkan pada diri kamu bahwa saat ini audiens sedang membutuhkan informasi dan bantuan dari kamu. Seiring pengalaman public speaking bertambah, otak kamu akan menyesuaikan dengan sendirinya dan perasaan gugup perlahan akan berkurang.

 

3. Lakukan Kontak Mata

Berbicara sambil memandang seluruh audiens sekaligus adalah sebuah kesalahan. Kamu tidak akan bisa terhubung dengan siapa pun dengan cara seperti itu. Pada kenyataannya, audiens adalah orang-orang yang terdiri dari banyak individu. Oleh karena itu, cara terbaik untuk “menyatu” dengan mereka adalah dengan berbicara kepada mereka sebagai individu. Bagaimana caranya? Yaitu dengan melakukan kontak mata kepada satu per satu individu secara bergantian. Lakukan kontak mata pada satu individu untuk satu kalimat. Kemudian, pindahkan kontak mata pada individu lain ketika memasuki kalimat baru. Dengan begitu, sesi public speaking kamu akan terasa lebih intim karena setiap orang merasa kamu hanya berbicara kepada mereka.

 

Dalam prakteknya, mengatasi kegugupan ketika public speaking memang tidak mudah. Selalu tunjukkan penampilan yang tenang dan yang paling penting adalah bisa menjangkau seluruh audiens dengan yang tepat sasaran. Banyaklah berlatih agar rasa gugup berkurang secara perlahan.  

Komentar

250 Karakter tersisa