3 Manfaat Teh Mawar, Bisa Meredakan Nyeri Haid

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Bunga mawar tak hanya memiliki tampilan dan aroma yang menenangkan. Mawar sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Bunga cantik ini banyak dimanfaatkan dalam produk kecantikan dan perawatan tubuh. Selain kecantikan, bunga mawar juga dapat dikonsumsi dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan. 

Semua mawar dapat dimakan dan dapat dijadikan teh herbal. Teh mawar adalah minuman herbal aromatik yang terbuat dari kelopak harum dan kuncup bunga mawar. Teh mawar memiliki rasa berkisar dari pahit hingga manis tergantung pada varietasnya. Jika diseduh, teh mawar mengeluarkan aroma yang segar seperti bunga mawar dan rasa yang cukup unik. 

Tidak seperti teh herbal pada umumnya yang memiliki rasa cukup kuat, teh mawar terasa lebih ringan dan lembut di tenggorokan. Tidak hanya wangi dan segar jika diteguk, teh mawar juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Berikut manfaat teh mawar bagi kesehatan yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca jugaPenelitian Ungkap, Menonton Acara Olahraga Sama Efeknya Seperti Olahraga

 

1.    Meredakan nyeri haid
Sebuah penelitian dari Chung Hwa College of Medical Technology, Taiwan, berhasil menguji khasiat teh mawar bagi para wanita yang mengalami dysmenorrhea atau nyeri saat menstruasi. Dari 130 sukarelawan yang diteliti, 70 di antaranya diminta untuk meminum teh mawar, sedangkan sisanya diberikan placebo. Hasil eksperimen menunjukkan, sukarelawan yang mengonsumsi teh mawar terbukti mengalami nyeri haid yang lebih ringan.

 

2.    Mengandung antioksidan
Teh mawar mengandung polyphenol yang mengandung antioksidan yang baik bagi kesehatan. Jenis polyphenol yang terkandung dalam teh mawar, yakni flavonid dan tannin yang memiliki efek anti peradangan dan memproteksi tubuh dari penyakit kronis. Selain teh mawar, kandungan ini juga dapat ditemukan dalam buah beri, serta minuman kopi dan anggur merah.

 

3.    Bebas kafein
Kafein tidak hanya dapat ditemukan di dalam kopi, tetapi juga teh. Namun, teh mawar menjadi pengecualian, karena jenis teh yang satu ini bebas dari kandungan kafein. Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir akan efek samping kafein bagi kesehatan. Lebih baik lagi jika kamu mencoba 100% pure rose tea yang benar-benar bebas dari kafein.

Komentar

250 Karakter tersisa