3 Cara Cheat Day Agar Diet Tidak Berantakan

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Cheat day atau libur diet sehari adalah suatu hari di mana kita memberikan sedikit kebebasan kepada diri sendiri dengan “mengizinkan” mengonsumsi makanan kesukaan selama satu kali seminggu. Dilansir dari Healthline, Senin (1/3/2021) "Cheat Days" dipercaya bisa mempercepat metabolisme yang akan membuat program diet yang kita alami berjalan lebih efektif.

Metode cheat day sangat bervariasi. Penerapannya pun bisa berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Semuanya tergantung pilihan dan goal dari program diet masing-masing individu. Tidak ada pedoman khusus mengenai waktu atau menu apa yang harus dipilih. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, cheat day tidak seharusnya merusak pola diet.

Cheat day dapat menjadi salah satu penunjang berhasilnya program diet, asalkan dilakukan dengan benar. Cheat day yang efektif tetap memerhatikan asupan kalori yang dikonsumsi. Pada cheat day, kamu bisa makan makanan apa saja sesuka kamu, tapi sebaiknya tetap memerhatikan porsinya. Penting untuk tidak makan berlebihan meskipun ini adalah waktunya kamu ‘bebas’. 

 

Baca jugaBenarkah Kesopanan Warganet Indonesia Terburuk Se-Asia Tenggara?

 

Hari tersebut haruslah dijadikan momen di mana kamu bisa kangen-kangenan dengan makanan kesukaan, bukan menjadi ajang makan banyak seperti kamu sedang kelaparan. Lalu bagaimana cara agar cheat day tidak mengganggu diet? Berikut cara cheat day yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

1.    Membantu jaga konsistensi diet
Konsistensi penting dalam diet. Namun agar bisa konsisten kita juga perlu istirahat sehingga tidak merasa tersiksa. Beberapa kajian juga mengungkap bahwa orang-orang yang punya "libur" diet lebih mampu menjaga motivasi dietnya. Jadi daripada gagal diet, sebaiknya rencanakan cheat day kamu saat mulai diet. Yang penting, tentukan juga batasannya agar kamu tetap bisa mengongtrol semuanya. 

 

2.    Buat rencana libur diet
Tetapkan hari libur diet setelah beberapa minggu menjalankan diet. Meski demikian, ahli nutrisi dan kebugaran, Kathleen Alleaume dari Australia, mengatakan, “Ketimbang menganggap cheat day sebagai hari untuk makan sepuasnya, lebih baik lihat hari itu sebagai kesempatan untuk lebih rileks saat makan malam."

 

3.    Lakukan dengan batasan
Cheat day bukan berarti kamu meluapkan semua keinginan kamu di satu hari itu. Perhatikan porsinya agar perut tidak kaget. Contohnya, makan satu gelas kecil es krim saat makan malam atau makan satu piring nasi goreng yang sedang kamu idam-idamkan. Setelah itu kamu perlu kembali menjalani diet dengan cheat day teratur.

Komentar

250 Karakter tersisa