Mulai Diburu, Benarkan Hand Sanitizer Efektif Mencegah Virus?

Ilustrasi Hand Sanitizer, Foto: Pixabay

 

Schoolmedia News, Jakarta - Baru-baru ini, Presiden Joko Widodo mengumumkan ada dua pasien yang positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia. Virus yang awalnya mewabah di Wuhan tersebut diketahui masuk dalam golongan virus yang berbahaya. Mewabahnya Virus Corona Covid-19 di Indonesia membuat publik khawatir.

Tak sedikit warga yang telah membeli banyak persediaan masker mencegah penularan virus Corona. Tak hanya masker, penjualan hand sanitizer pun nampaknya langsung melonjak tinggi. Hand sanitizer menjadi salah satu benda yang sangat dicari saat ini selain masker.

Para ahli menganjurkan untuk melakukan sejumlah hal pencegahan penyebaran virus, termasuk salah satunya dengan rajin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk seperti hand sanitizer. Namun sampai sekarang keefektifan hand sanitizer masih menjadi tanda tanya.

 

Baca juga: Pemerintah Buka Keran Impor Gula 438.802 Ton untuk Lebaran

 

Benarkan hand sanitizer efektif mencegah virus?

Ilustrasi Hand Sanitizer, Foto: Pixabay

 

Di beberapa apotek dan toko obat di Jakarta, stok masker dan hand sanitizer ludes terjual. Kalaupun tersedia, harganya bisa naik berlipat-lipat. Benarkah hand sanitizer efektif? Beberapa waktu lalu, World Health Organization (WHO) sudah menyatakan kalau cara terbaik untuk terhindar dari virus atau virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan.

Pasalnya, menurut mereka dan organisasi lainnya, mencuci tangan pakai air dan sabun adalah metode terbaik dibandingkan menggunakan hand sanitizer. Cukup mencuci tangan selama 20 detik, segala virus termasuk COVID-19 akan bebas dari tangan kamu.

Mencuci tangan sudah efektif jika dilakukan secara baik dan benar, seperti menggosok tangan sampai ke sela-sela dan diakhiri dengan mengelapnya pakai handuk bersih. The Center for Disease Control and Prevention mengumumkan kalau hand sanitizer juga mampu untuk membunuh virus corona yang ada di tangan, seperti Schoolmedia News dilansir dari Popculture, Rabu (4/3/2020).

 

Baca juga: Menristek Sebut Indonesia Berpeluang Kembangkan Inovasi Digital

 

Hand Sanitizer Efektif Mencegah Virus

Ilustrasi: Pixabay

 

Dengan catatan, hand sanitizer tersebut mengandung 60 persen alkohol. Kandungan ini cukup untuk setidaknya membunuh virus, walaupun tidak mampu membunuh beberapa virus lainnya. Meski demikian, tetap saja kamu tidak bisa menjadikan hand sanitizer sebagai pembersih utama.

Kamu harus tetap mencuci tangan dengan air dan sabun apabila ingin mengusir virus corona. Hand sanitizer hanya perlu dijadikan opsi kedua saja. Walaupun begitu bukan berarti kamu cuci tangan hanya dengan hand sanitizer. Jangan gunakan hand sanitizer ketika tangan kamu dalam kondisi kotor.

Bukan tanpa sebab, hand sanitizer memang tidak didesain untuk membersihkan tangan kamu, melainkan hanya sekadar mengusir minyak dan kuman dari tangan. Mereka mencegah virus untuk masuk menembus kulit.

Komentar

250 Karakter tersisa