Lakukan Gebrakan Reformasi Birokasi di Kemdikbud, Nadiem Makarim Raih Penghargaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meraih dua penghargaan dalam penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2020

Schoolmedia News, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meraih dua penghargaan dalam penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2020 yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). 

Adapun penghargaan yang diraih Kemendikbud yakni, untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim sebagai pembina pelayanan publik kategori pelayanan prima. Sedangkan, penghargaan kedua ditujukan untuk Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Pertanian (BBPPMPVP) sebagai penyelenggara pelayanan publik kategori pelayanan prima.

“Saya merasa terhormat menerima penghargaan atas pelayanan publik dari KemenPAN-RB ini. Tentunya ini adalah wujud kerja keras dan cerminan kesungguhan hati pegawai Kemendikbud sebagai pelayan publik,” ujar Mendikbud di Jakarta, Selasa (9/3).

Mendikbud Nadiem menilai pelayanan publik yang prima merupakan kewajiban bersama sebagai abdi negara. 

“Ingat untuk selalu berfokus pada apa kebutuhan publik. Kemampuan kita menemukan permasalahan dan bekerja untuk menyelesaikannya bersama-sama perlu dibarengi dengan kesediaan untuk bersungguh-sungguh bekerja untuk rakyat,” ujarnya.

 

Baca juga: Hari Musik Nasional : Komitmen Bersama Lindungi Hak Cipta Musisi Tradisional

 

Pada kesempatan itu, Nadiem  menyampaikan terima kasih kepada Kemen PAN-RB, serta kepada tim Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Pertanian di Cianjur yang telah menghadirkan pelayanan publik yang prima. 

“Prestasi yang membanggakan ini merupakan capaian kita bersama sebagai satu tim besar Kemendikbud,” lanjut Nadiem.

Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo mengatakan Kemendikbud telah menjadi kementerian yang mampu menjabarkan visi misi Presiden Joko Widodo yang berkaitan dengan reformasi birokrasi. “Ujung dari reformasi birokrasi ini adalah tanggung jawab dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BBPPMPVP, Ruli Basuni yang turut hadir menerima penghargaan mengucapkan rasa senang atas capaian prestasi bersama seluruh jajaran pada unit kerjanya. 

“Ini berkat perjuangan teman-teman. Harapannya terobosan layanan publik ini sebagai bagian reformasi birokrasi kita ke depannya lebih baik lagi dan semakin meningkat tidak hanya sekadar prestasi yang tertulis di atas sertifikat saja,” ujar Ruli yang mengaku merintis upaya peningkatan layanan publik sejak tahun 2017.

Dengan diberikannya dua penghargaan ini, Mendikbud siap melanjutkan komitmen untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan publik di masa depan. Mendikbud mengatakan, mempertahankan capaian akan menjadi tantangan yang lebih berat. 

“Saya yakin, seluruh jajaran di Kemendikbud dapat mengatasi dengan mengedepankan kerja bersama yang solid, keinginan untuk terus belajar, memperbaiki apa yang sudah dicapai serta belajar dari setiap kegagalan. Itu kunci penting,” ujarnya.  

Penulis  : Keke Lovina 

Editor    :  Eko Schoolmedia 
 

Komentar

250 Karakter tersisa