Antisipasi Kejahatan Jalanan, Polda DIY Blusukan ke Sekolah

Ilustrasi kekerasan, Foto: Pixabay

 

Schoolmedia News, Yogyakarta - Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta mengintensifkan patroli keamanan dan penyuluhan di sekolah-sekolah. Patroli ini untuk menekan dan mencegah kejahatan jalanan atau sering disebut klitih.

Kapolda DIY Irjen Polisi Asep Suhendar mengatakan dengan dilaksanakan patroli secara berkala mampu mengurangi angka kejahatan jalanan, dan beberapa pelaku ditangkap.

"Selama beberapa waktu terakhir, kami terus melakukan patroli di jalanan sekitar bersama TNI. Kami juga melakukan penyuluhan di sekolah-sekolah," kata Asep di Gunung Kidul, Rabu, 12 Februari 2020.

 

Baca juga: Kementerian LHK Ingatkan Pemda Penggunaan Merkuri Cemari Lingkungan

 

Patroli skala besar gabungan dengan TNI, kata Asep, sudah berjalan sebulan belakang ini. Setiap malam petugas melakukan patroli sejak 22.00 WIB sampai 04.00 WIB.

Kasus klitih di wilayah hukum Polda DIY, Asep melanjutkan, terjadi di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul.

"Sebagian besar klitih terjadi di wilayah Kota Yogyakarta, dan Bantul. Untuk Gunung Kidul mudah-mudahan aman," kata Asep.

 

Baca juga: PGRI: Penyederhanaan Penyaluran Dana BOS Perlancar Layanan Pendidikan

 

Seperti diketahui, sejumlah warga di DIY menjadi korban kejahatan jalanan. Para korban dilukai menggunakan senjata tajam, sebagian besar pelaku yang ditangkap masih di bawah usia pelajar.

Sementara itu, Kapolres Gunung Kidul AKBP Agus Setiawan mengatakan pihaknya juga mengintensifkan patroli antisipasi kejahatan jalanan, meski sampai saat ini belum ditemukan adanya kasus di wilayah tersebut. 

Komentar

250 Karakter tersisa