Tidak Banyak Berkeringat Saat olahraga, Normalkah?

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Keringat adalah salah satu efek dari adaptasi tubuh setelah melakukan aktifitas seperti olahraga. Keringat justru menunjukkan tubuh kamu masih beradaptasi dengan baik terhadap aktivitas fisik. Namun, ternyata ada beberapa orang yang keringatnya sedikit atau bahkan tidak berkeringat saat dan setelah berolahraga.

Tidak semua orang berkeringat dalam jumlah yang sama. Tak perlu khawatir karena tidak banyak berkeringat saat berolahraga, karena pengerahan tenaga tidak selalu terkait langsung dengan produksi keringat, kata Brett Romano Ely, MS, seorang doktor dalam bidang fisiologi manusia.

 “Anda bisa bersepeda di hari yang sejuk dan hampir tidak berkeringat, terlepas dari berapa banyak bukit yang Anda daki. Dalam kelembapan tinggi atau dengan aliran udara rendah, keringat Anda akan menguap lebih lambat, yang dapat membuat Anda merasa seperti lebih banyak berkeringat. Dalam kondisi sebaliknya, kulit Anda bisa terasa kering, tetapi kenyataannya keringat justru menguap jauh lebih cepat,” jelasnya.

 

Baca juga7 Desa Terindah di Dunia, Bak Negeri Dongeng

 

Craig Crandall, Ph.D., seorang profesor penyakit dalam, juga membenarkan hal tersebut. Menurutnya, tidak ada hubungan antara berkeringat dan kalori yang terbakar saat Anda berolahraga. Anda dapat melakukan rute atau porsi olahraga yang sama persis di musim panas dan musim dingin, dan meskipun Anda akan berkeringat lebih banyak saat panas, jumlah kalori yang dibakar nyatanya hampir sama.

Craig mengingatkan, “Ada terlalu banyak faktor yang mempengaruhi produksi keringat, dan meskipun Anda benar-benar menurunkan "berat badan" saat berkeringat, itu sebenarnya hanya berat air dan justru dapat menyebabkan dehidrasi [jika Anda terlalu banyak berkeringat].”

Jika Anda sampai sekarang masih merasa perlu berkeringat banyak untuk membuktikan kepada diri sendiri bahwa olahraga yang dilakukan sudah cukup keras, Brett menyarankan untuk lebih memilih melakukan monitor detak jantung, memantau pernapasan, atau menggunakan tingkat pengerahan tenaga.

Komentar

250 Karakter tersisa