Rahasia Rambut Lebat dan Berkilau dengan Arang Aktif

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Arang aktif atau activated charcoal merupakan arang yang dibuat dari bahan alami, seperti arang tulang, batok kelapa, biji zaitun, dan ampas gergaji. Arang aktif berbeda dengan arang biasa karena sudah dipanaskan dalam suhu yang sangat tinggi, sehingga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Sejak dulu, arang aktif dipercaya mampu mengatasi gejala keracunan. 

Bahkan, arang aktif juga kerap dijadikan obat untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan dan kecantikan. Tanpa disadari, arang aktif juga bisa membantu rambut kamu tampak lebat dan sehat. Mencampurkan arang aktif ke dalam sampo yang kamu gunakan pasti belum pernah terpikirkan sebelumnya. Dilansir dari Livestrong, Senin (1/3/2021) arang aktif bisa digunakan untuk menghilangkan racun dan menyembuhkan beberapa luka. 

Bubuk arang aktif bahkan bisa menyerap ribuan kali zat berbahaya dan bisa dimantaatkan untuk kecantikan, termasuk menjaga kesehatan rambut. Di dalam arang aktif terkandung antioksidan dan vitamin E yang dapat membantu rambut semakin hitam dan berkilau. Untungnya lagi, arang aktif tidak akan terserap atau diserap oleh tubuh sehingga penggunaannya aman. Kini manfaatkanlah arang aktif untuk mendapatkan rambut lebat dan berkulai. Berikut caranya:

 

1.    Mengurangi minyak pada rambut
Dengan menyampur sampo dan bubuk arang aktif, kamu bisa mengurangi minyak, kotoran, dan racun yang banyak terdapat pada rambut. Namun hindari jika kulit kepala kamu kering karena bisa membuatnya semakin kering. Cukup tambahkan 1 sendok teh arang aktif ke dalam shampo yang kamu gunakan, lalu cuci rambut seperti biasanya dan bilas hingga bersih. 

 

Baca jugaPrinsip Vaksinasi Berkeadilan Terpenuhi di Pusat Kesehatan Masyarakat

 

2.    Menambah volume rambut
Menambahkan serbuk arang pada sampo akan membuat rambut kamu bisa lebih bersih karena kotoran dan residu langsung terangkat. Selain itu, rambut pun akan terasa lebih ringan dan menjadi bervolume sehingga terlihat jadi lebih tebal dan indah. Sangat cocok untuk kamu yang berusia 40-an dengan masalah rambut rontok.

 

3.    Membersihkan kulit kepala
Dilansir dari Besthealthmag, Senin (1/3/2021) arang aktif bisa mengusir bakteri penyebab gatal yang ada sehingga kulit kepala menjadi lebih bersih. Gunakan arang aktif sebagai masker rambut dengan cara mencampurkannya dengan cairan lidah buaya, sedikit cuka apel, dan air. Aduk sampai rata dan oleskan ke kepala. Tutup dengan shower cap, lalu diamkan selama 45 menit, dan bilas sampai bersih.

 

4.    Menumbuhkan rambut
Membersihkan kulit kepala dengan arang aktif juga menghilangkan sebum yang menempel di pori-pori kulit kepala, membuatnya semakin mudah bernapas dan mendetoks folikel rambut sehingga terjadi pertumbuhan rambut baru.

 

5.    Menghilangkan ketombe
Tidak hanya menyerap minyak dan kotoran di kulit kepala, arang aktif juga membantu mengangkat seluruh ketombe yang ada sehingga membuat rambut bersih dan terlihat tebal. Walaupun arang aktif baik untuk kesehatan rambut, tetapi kandungannya bisa membuat kulit semakin kering sehingga cukup menggunakannya 1 atau 2 kali dalam seminggu. Hentikan pemakaian jika kamu merasa kulit kepala sudah terasa kering.

Komentar

250 Karakter tersisa