Manfaat Bunga Camelia yang Populer Dijadikan Bahan Skincare

Foto: Unsplash

 

Schholmedia News, Jakarta – Sekarang ini banyak sekali produk skincare yang menggunakan ektrak bunga. Salah satu ekstrak bunga yang sedang popular adalah ektrak bunga Camellia Oleifera. Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Marisa Plescia, ada sekitar 250 spesies genus Camellia yang termasuk ke dalam keluarga teh. 

Ekstrak daun Camellia Oleifera terbuat dari semak keluarga sejenis teh hijau yang berasal dari Asia, terutama Cina bagian selatan. Daun teh memang telah dikenal dengan kandungan polifenolnya, keluarga molekul dengan berbagai manfaat kesehatan. Tidak heran jika kamu menemukan bahan ini dalam segala produk skincare, mulai dari serum hingga pembersih, pelembap hingga masker.

Selain memiliki efek antioksidan yang memerangi kerusakan kulit akibat lingkungan dan ultraviolet, ekstrak teh dapat menghambat beberapa enzim yang terlibat dalam molekul pengurai, seperti kolagen, asam hialuronat, dan elastin, yang dapat memperlambat tanda-tanda penuaan. Molekul tertentu mungkin memiliki manfaat anti inflamasi juga.

 

Baca juga5 Cara Mengatur Isi Dompet Menurut Fengshui

 

Minyak biji Camellia Oleifera sering disebut sebagai minyak biji teh dan telah digunakan selama berabad-abad dalam perawatan kulit, bahkan untuk memasak. Bangsa Jepang dan Korea juga biasa menggunakan minyak teh sebagai bahan untuk memasak atau menggoreng karena minyak teh sangat tahan terhadap temperatur tinggi sehingga konsistensi dan kualitasnya dapat terjaga. 

Minyak biji Camellia Oleifera juga dapat menembus dengan cepat ke dalam kulit, tanpa meninggalkan rasa berminyak dan sangat stabil terhadap oksidasi. Sifatnya mirip dengan minyak zaitun yang kaya akan asam oleat dan asam linoleat. Untuk alasan ini, para pakar sepakat bahwa minyak biji Camellia Oleifera adalah pelembap yang baik.

Karena memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidannya, minyak biji Camellia Oleifera dapat digunakan oleh semua jenis kulit, terutama mereka yang memiliki kulit sensitif. Namun, untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, sebaiknya berhati-hati.

Komentar

250 Karakter tersisa