Kenaikan Tiket Pesawat Akan Dorong Perpindahan Penumpang ke Transportasi Laut

 

Schoolmedia News Jakarta ---- Kenaikan tarif tiket pesawat yang semakin melambung belakangan ini membuka peluang terjadinya peralihan tren penggunaan moda transportasi oleh masyarakat. Pesawat terbang sebagai moda transportasi favorit yang dulu sering dipilih masyarakat tampaknya akan bersaing ketat dengan moda kapal laut.

Kenaikan tarif tiket pesawat yang sudah tidak bisa dihindari tersebut disebabkan adanya peningkatan harga bahan bakar pesawat (avtur) serta rencana kenaikan airport tax pada Agustus mendatang. Oleh karena itu, kemungkinan masyarakat untuk pindah ke moda transportasi yang lebih terjangkau menjadi semakin tinggi.

Menurut pengamat transportasi Djoko Setijowarno, moda angkutan laut seperti kapal dan penyeberangan laut bisa menjadi alternatif untuk masyarakat bepergian. "Kapal laut milik PELNI misalnya, yang mendapatkan PSO oleh pemerintah dan dapat memuat banyak penumpang, tarifnya pun masih bisa dijangkau oleh masyarakat," ucapnya pada Selasa (26/7/2022).

Alternatif memilih kapal laut menjadi transportasi untuk bepergian lintas daerah di Indonesia menjadi semakin memungkinkan. Karena menurutnya, selain bisa bepergian dengan harga transportasi yang lebih terjangkau, masyarakat juga dapat menikmati alam laut dengan pelayanan di atas kapal yang saat ini semakin mumpuni.

"Moda angkutan laut mesti mengambil kesempatan ini sebagai cara untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas di kapal. Pasca pandemi banyak sekali orang yang butuh liburan untuk melepas penat. Tinggal bagaimana caranya pelayanan di kapal laut ditingkatkan supaya masyarakat betah dan ingin berlama-lama berlayar," ujar Djoko.

Menanggapi hal itu, Kepala Usaha Penumpang Non Komersil PT PELNI, Presda Simangasing, mengatakan sebagai operator kapal milik negara, pihaknya terus melakukan pembenahan demi memberikan kemudahan bagi masyarakat.

"Tidak hanya via situs saja, pembelian tiket sekarang sudah bisa melalui aplikasi di ponsel pintar. Lebih mudahnya lagi, masyarakat juga dapat datang ke minimarket terdekat atau agen perjalanan resmi yang bekerjasama dengan PT PELNI untuk membeli tiket kapal PELNI," jelas Presda.

Dia menambahkan, perjalanan dengan kapal laut sekarang semakin menyenangkan karena PT PELNI memberikan one stops solution bagi masyarakat yang bepergian.

"Kami memanjakan para penumpang dengan menyediakan hiburan seperti live music, mini bioskop atau play station. Kemudian, kami juga memiliki Pelni Mart, Mini Butik dan Dapoer Pelni bagi para penumpang yang ingin berbelanja di atas kapal, serta adanya Klinik dan tempat beribadah diatas kapal," kata Presda.

Komentar

250 Karakter tersisa