Anugerah Revolusi Mental Kepada Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat dan Lembaga Sosial

 

Schoolmedia News Jakarta --- Sebagai bentuk apresiasi terhadap semua pelaku atau agen perubahan yang mencerminkan Gerakan Nasional Revolusi Mental di seluruh pelosok Nusantara, maka Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) kembali menghelat Anugerah Revolusi Mental (ARM) 2022.

Penyerahan Anugerah Revolusi Mental 2022 dilakukan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma'ruf Amin, serta Menko PMK Muhadjir Effendy dan para Koordinator Program Gerakan (KPG), dari Kementerian PAN RB, Kemenko Marves, Kemenko Polhukam, Kemenko Perekonomian, dan Kemendagri.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin mengatakan, pemberian penghargaan ARM 2022 akan mengerakkan kembali Revolusi Mental di masyarakat.

Dia mengatakan, Revolusi Mental yang mencakup nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong, adalah sumber utama yang memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter, perilaku, cara berpikir, dan cara bertindak individu.

"Dan ini tergantung daripada karakter yang kita bangun. Oleh karena itu Revolusi Mental itu menjadi penting sekali," ucap Wakil Presiden dalam acara penghargaan ARM 2022.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, Revolusi Mental merupakan gerakan seluruh unsur masyarakat Indonesia dengan mengangkat nilai-nilai strategis, yakni nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong.

Dia menerangkan, Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) mendorong internalisasi nilai-nilai strategis instrumental revolusi mental pada individu, keluarga, insititusi sosial, masyarakat sampai dengan lembaga-lembaga negara.

Hal ini diharapkan dapat mendorong perubahan cara pandang, sikap, perilaku yang berkarakter dan berorientasi pada kemajuan.

"Revolusi mental harus dimulai dari diri sendiri dan kemudian meluas di lingkungan keluarga, komunitas, masyarakat luas, dan selanjutnya mencakup seluruh komponen bangsa," ujar Muhadjir dalam acara penghargaan ARM 2022.

Menko PMK memaparkan, selama 7 tahun terakhir, Gerakan Nasional Revolusi Mental telah berkolaborasi dengan aktor pentahelix untuk merubah mental masyarakat menjadi lebih baik. Menurutnya, GNRM telah memberikan berbagai perubahan yang dirasakan oleh masyarakat.

Hal ini tercermin dari index capaian revolusi mental (ICRM) tahun 2021 yang menunjukkan peningkatan sebesar 4,46 poin jika dibandingkan ICRM tahun 2018 (ICRM 2018 sebesar 67,01 dan pada 2021 mencapai 70,47).

"Peningkatan ICRM ini tidak terlepas dari upaya kolaborasi para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan gerakan revolusi mental untuk memajukan Indonesia dari tingkat pemerintah pusat sampai di tingkat daerah," ujarnya.

Menurut Menko PMK Muhadjir Effendy, penghargaan ARM 2022 merupakan bentuk konfirmasi terhadap upaya yang telah dilakukan oleh Lembaga Pemerintah, Swasta dan Masyarakat atau Komunitas yang telah melakukan perubahan secara nyata, terukur, inspiratif dan berkelanjutan.

ARM 2022 diberikan kepada semua pihak yang telah berinisiatif dan telah menjadi pelopor perubahan di tengah masyarakat. ARM 2022 diberikan kepada berbagai kalangan, antara lain pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan maupun masyarakat umum.

GNRM Waspadai Korupsi

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, tindakan korupsi bisa diminimalisir dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Dia menjelaskan, GNRM menggelorakan tiga nilai strategis, yaitu nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong. Termasuk, dalam upaya membangun mental kejujuran dan integritas masyarakat.

"Makanya kita perkuat dengan membangun mental kejujuran dan integritas itu," ujar Menko PMK di sela kegiatan Anugerah Revolusi Mental 2022.

Menurut Menko PMK, membangun mental kejujuran dan integritas dapat dilakukan sejak dini, mulai dari ranah keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Termasuk juga kepada para pejabat-pejabat yang rentan melakukan tindakan korupsi perlu diberikan edukasi agar tidak sampai melakukan tindakan korup yang merugikan.

"Ini supaya para pejabat itu betul-betul menyadari bahwa korupsi itu menghancurkan. Dan itu kita lakukan melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental itu," jelasnya.

Menurut Menko PMK, Revolusi Mental tidak bisa secara otomatis merubah mental. Namun perlu waktu supaya gelora Gerakan Nasional Revolusi Mental bisa mencegah tindakan korupsi secara holistik.

Karenanya, kata dia, Revolusi Mental terus digelorakan supaya perubahan positif bisa terus ada di masyarakat.

"Namanya merubah mental itu tidak bisa serta merta, harus melalui proses panjang dan juga intensif. Dan ini GNRM baru digelar secara efektif selama kepemimpinan Presiden Jokowi baik periode pertama maupun kedua," ungkap Menko Muhadjir.

*Total penerima ARM 2022 sebanyak 40 penerima yang terbagi dalam 5 (lima) kategori, yaitu: 1. Kategori Pemerintah Daerah Provinsi; 2. Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota; 3.

Kategori Lembaga Mitra GNRM; 4. Kategori Tokoh dan Lembaga; 5. Kategori

Kedermawanan Sosial.*

*Penerima ARM 2022 Kategori Pemerintah Daerah Provinsi:*

  1. Kepulauan Riau (Kategori Gerakan Indonesia Melayani);
  2. Papua Barat (Kategori Gerakan Indonesia Bersih);
  3. Aceh (Kategori Gerakan Indonesia Tertib);
  4. Sulawesi Barat (Kategori Gerakan Indonesia Mandiri);
  5. Jambi (Kategori Indonesia Bersatu).

*Penerima ARM 2022 Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota (Basis nilai etos kerja, integritas, gotong royong):*

  1. Kawasan Barat Indonesia: Kota Malang, Kota Jambi, Kota Lhokseumawe, Kabupaten

Bangka, Kabupaten Bekasi;

  1. Kawasan Timur Indonesia: Kota Balikpapan, Kota Pontianak, Kota Banjarmasin, KotaJayapura, Kota Mataram.

*Penerima ARM 2022 Kategori Tokoh Masyarakat dan Lembaga:*

1. Nilai Etos Kerja

  • Kategori Penggerak Ekonomi Kerakyatan

Tokoh: Rubama, Edy Antoro, Riza Azyumarridha Azra

Lembaga: Pondok Pesantren Sidogiri, Yayasan Bambu Lestari, Koperasi Peternak Sapi

Bandung Utara, Koperasi Kinarya

  • Kategori Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat

Tokoh: Hanna Keraf

Lembaga: Sambatan Jogja (Sonjo)

  • Kategori Pembangunan Inklusif

Tokoh: Rezki Achyana

Lembaga: Yayasan Bunda Tzu Chi, Koneksi Indonesia Inklusif

2. Nilai Gotong Royong

  • Kategori Pemajuan KebudayaanTokoh: Komarudin Kudiya

Lembaga: Duta Saman Institute

  • Kategori Persatuan dan Kesatuan BangsaTokoh: Yudi LatifL embaga: Wahid Foundation, Maarif Institute

3. Nilai Integritas•

Kategori Pendidikan dan Literasi

Tokoh: Maman SuhermanLembaga: Solo Bersimfoni, Forum Taman Baca Masyarakat

*Penerima ARM 2022 Kategori Lembaga Mitra GNRM:*

  1. Pimpinan Pusat Muhammadiyah: SMA Muhammadiyah 10 Surabaya;
  2. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama: Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul

Ulama (NU Care - LazisNU);

  1. Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia: SMP PGRI 3 Denpasar;
  2. Forum Rektor Indonesia: Universitas Negeri Jakarta.

*Penerima ARM 2022 Kategori Kedermawanan Sosial:*

ARM 2022 Kategori Kedermawanan Sosial didedikasikan untuk *"SELURUH RAKYAT INDONESIA* yang saling membantu dan gotong-royong membantu sesama yang mengalami kesusahan di masa pandemi Covid-19. Penerima ARM Kategori Kedermawanan Sosial diwakili oleh Yayasan Buddha Tzu Chi.

Penulis Eko

Sumber Siaran Pers Kemenko PMK

Komentar

250 Karakter tersisa