7 Tanaman Pangan Bisa Ditamam Di Rumah Saat Pandemi

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Era pandemi COVID-19 mengharuskan kita untuk lebih banyak di rumah. Pola hidup juga semakin berubah dan berkembang. Banyak kegiatan baru yang muncul di era ini, salah satunya adalah berkebun. Bahkan saat ini muncul istilah urban farming atau pertanian kota. Berkebun selain menjadi salah satu hobi yang mengasyikkan tapi juga bisa menghemat. 

Dengan berkebun tanaman pangan di rumah, kita menghemat pengeluaran belanja tanpa harus pergi ke tukang sayur atau pasar. Banyak sekali jenis tanaman yang bisa kita tanam di rumah, salah satunya adalah tanaman pangan. Tanaman pangan merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan dan diolah untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi manusia dan mampu menghasilkan produksi yang mengandung karbohidrat dan protein.

Idealnya tanaman pangan memang dapat ditanam pada daerah yang membutuhkan agar ketersediaannya bagi masyarakat dapat terpenuhi. Tanaman pangan merupakan sektor penting dalam bidang pertanian karena kelompok tanaman ini yang menghasilkan bahan pangan sebagai sumber energi untuk menopang kehidupan manusia. Berikut tanaman pangan yang bisa ditanam di rumah seperti Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

1.    Kentang
Kentang merupakan makanan berkarbohidrat tinggi dan dapat dijadikan pengganti nasi. Selain itu, kentang mudah diolah menjadi berbagai macam kuliner. Kentang dapat bertahan di musim dingin dan dalam waktu yang lama.

 

Baca juga4 Jenis Saus Bisa Timbulkan Masalah Kesehatan

 

2.    Tomat
Tomat dapat tumbuh sepanjang tahun, sistem penyimpanannya cukup mudah. Tomat mempunyai vitamin yang tinggi dan dapat dipadankan dengan berbagai makanan.

 

3.    Labu
Labu memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap seperti zat besi, asam folat, vitamin A, dan vitamin E. Tanaman ini dapat ditanam di musim dingin.

 

4.    Kacang-kacangan
Kacang-kacangan dikenal sebagai tanaman kaya protein. Tanaman ini juga mampu mengembalikan kandungan nitrogen ke dalam tanah. Kacang juga dapat dikeringkan dan disimpan untuk waktu yang lama.

 

5.    Brokoli
Sayuran hijau ini kaya akan nutrisi dan kandungan gizi sehingga dipilih untuk sebagai tanaman pangan yang cocok ditanam. Brokoli dapat ditanam selama musim dingin dan penyimpanannya sangat mudah.

 

Baca juga7 Cara Mengecilkan Pipi Chubby Dalam Waktu Seminggu

 

6.    Alpukat
Buah yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah ini memiliki buah yang kaya akan lemak baik. Memakan buah alpukat bisa mengenyangkan perut dan memenuhi gizi dasar kita.

 

7.    Apel
Apel memiliki nutrisi yang ditinggi. Menanam pohon apel dapat dilakukan di daerah yang lembap saat musim dingin. Cara penanamannya bisa dengan stek atau dengan biji buah.

 

8.    Kol
Kol mungkin biasa dijadikan lalapan. Tapi jangan salah, kol juga punya banyak banyak kandungin nutrisi serta rendah kalori. Tanaman ini bisa ditaman selama musim dingin sehingga stoknya dapat bertahan sepanjang tahun.

Komentar

250 Karakter tersisa