Foto: Unsplash
Schoolmedia News, Jakarta – Sejak 2 Maret 2020, jumlah pasien virus corona di Indonesia semakin bertambah. Kini terhitung sudah ada 227 kasus posotif corona di seluruh Indonesia. Hal ini membuat masyarakat semakin mendesak pemerintah untuk segera menindak lanjuti.
Pemerintah Indonesia resmi menganjurkan aktivitas dari rumah bagi para pelajar dan pekerja untuk kurang lebih 14 hari. Beberapa hari belakangan ini, work from home (WFH) atau bekerja dari rumah sudah mulai efektif berlaku di beberapa kota di Indonesia.
Hal ini disebabkan adanya kebijakan social distancing demi menjaga diri dari penyebaran virus corona. Dengan berlakunya WFH selama kurang lebih 2 minggu ini, tentu memerlukan kemampuan adaptasi yang cepat, agar tetap bisa produktif.
Apalagi hampir semua orang jika bekerja di rumah akan cenderung santai dan malas. Berikut cara efektif bekerja di rumah. Schoolmedia News melansirnya dari berbagai sumber, Kamis, 19 Maret 2020.
Baca juga: Jarang Disadari, 6 Kebiasaan Buruk Ini Dapat Merusak Telinga
Foto: Unsplash
1. Tentukan sudut kerja
Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mencari sudut ruangan mana untuk tempat kerja di rumah. Di kamar pun sebenarnya bukan masalah kalau kamu memang tidak tergoda untuk berbaring.
Ada baiknya untuk memilih ruangan yang cukup terkena sinar matahari, agar kamu tidak mudah bosan. Selain itu, pilih tempat yang tidak banyak orang rumah berlalu lalang, supaya kamu tetap fokus. Usahakan ada meja dan kursi sebagai tempat kerja.
2. Komunikasi
Salah satu hal penting adalah berkomunikasi dengan orang rumah, apalagi kalau masih tinggal bersama orangtua. Terkadang mereka kurang memahami kalau kamu perlu fokus untuk beberapa jam. Ada baiknya juga kamu beri tahu berapa lama kamu harus kerja dari rumah.
3. Mulai di jam yang sama
Punya kesempatan kerja dari rumah memang terkesan lebih santai. Jangan lupa manfaatkan waktu seperti ini untuk membangun kebiasaan positif, misalnya sarapan sehat dan olahraga. Tapi, yang wajib kamu lakukan adalah tetap siap kerja di jam biasanya. Sesuaikan saja dengan jam kantor masing-masing.
Walaupun terkesan lebih santai, jangan terpengaruh dengan teman yang jam kerjanya sengaja mundur. Kamu harus bertanggung jawab dan punya rasa disiplin untuk diri sendiri.
Baca juga: Begini Cara Tim Medis China Sembuhkan 70 Persen Pasien Virus Corona
4. Prioritaskan tugas kerja
Kerja dari rumah dengan tugas kerja yang sama memang gampang-gampang susah. Untuk itu, sebelum membuka dokumen kerja, ada baiknya kamu membuat daftar kerja yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Ini akan memudahkan kamu menyelesaikan pekerjaan, membuat laporan, hingga berkomunikasi dengan bos atau klien.
5. Hindari tergoda untuk bersantai
Ada beberapa godaan yang kamu hadapi, ketika kerja dari rumah, seperti menonton televisi, hingga bermain media sosial. Tapi kamu juga harus ingat ada beberapa yang harus diselesaikan. Salah satu cara meminimalkan godaan adalah tidur yang cukup di malam hari.
6. Berpakaian seperti sedang bekerja
Bahkan jika kamu tidak ke kantor karena work from home, penting untuk tetap berpakaian rapi dan bagus. Ini termasuk mandi dan menyikat gigi. Hal tersebut bisa memberi tahu otak kamu bahwa itu adalah waktu kerja, bukan waktu relaksasi, dan itu akan memberi kamu lebih banyak energi. Celana olahraga dan T-shirt mungkin lebih nyaman, tetapi kamu juga mungkin merasa lamban, mengantuk, atau tidak termotivasi.
7. Istirahat Sejenak
Merencanakan untuk istirahat juga perlu dilakukan saat work from home. Pastikan kamu mendapatkan cukup istirahat, mengonsumsi camilan sehat, dan tetap berhubungan dengan orang lain di rumah jika memungkinkan. Semua kegiatan ini memungkinkan kamu untuk relaks membuat aliran darah lancar, dan memastikan kamu siap mengerjakan pekerjaan berikutnya.
250 Karakter tersisa