6 Cara Mengatasi Frustasi di Rumah Agar Tetap Positif

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Rasa frustasi dapat terjadi pada siapa saja. Frustasi kerap disertai dengan rasa kecewa, marah, bingung, cemas, dan perasaan gagal. Saat rasa frustasi mendera, semua menjadi terasa kacau dan tidak terkendali. Tumpukan pekerjaan, aktivitas yang padat dan monoton, rumah berantakan, kerap menimbul rasa frustasi di rumah. 

Frustasi merupakan kondisi yang berhubungan dengan stres dan rasa putus asa. Kondisi ini biasanya terjadi akibat ketidaksesuaian antara harapan dengan realita. Faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya rasa frustasi antara lain kegagalan yang terus berulang, situasi kerja yang membuat stres, kondisi lingkungan yang tidak nyaman, serta keinginan yang terlalu tinggi.

Kondisi ini bisa menimbulkan rasa stres dan depresi bila dibiarkan berlama-lama. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola rasa frustasi yang sedang dialami, seperti Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca juga5 Cara Mendapatkan Kulit Mulus dan Bebas Jerawat

 

1.    Coba tenangkan diri terlebih dahulu
Kamu bisa menenangkan diri sebagai cara awal untuk mengelola emosi. Lakukan latihan pernapasan untuk meredakan rasa frustasi. Tarik napas dalam-dalam, lalu lepaskan perlahan-lahan. Latihan pernapasan ini bisa menenangkan emosi yang terpendam dan mengembalikan perasaan tenang. Tidak hanya itu, dengan latihan pernapasan dapat mengurangi emosi negatif yang kamu rasakan. 

 

2.    Bicara dengan orang yang kamu percaya
Saat merasa frustasi, jangan ragu untuk membicarakannya pada orang yang kamu percaya. Berbicara pada orang yang kamu percaya, bisa membantu agar perasaan kamu lebih tenang. 

 

3.    Bicara pada diri sendiri
Dilansir dari Healthlink British Colombia, Selasa (26/1/2020) cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa frustasi adalah berbicara pada diri sendiri. Kamu bisa menggunakan recorder dan merekam apa yang kamu bicarakan pada diri sendiri. Cara ini bisa membantu kamu untuk mengetahui penyebab kamu merasa frustasi dan juga kondisi perasaan kamu saat ini.

 

Baca juga6 Kebiasaan yang Harus Dihentikan Agar Ketiak Tidak Hitam

 

4.    Menulis tentang apa yang Anda rasakan
Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menuliskan perasaan kamu Cara ini bisa membantu kamu menemukan apa saja hal-hal yang mengganggu kamu. Selain itu, cara ini dapat membantu kamu menemukan masalah apa yang membuat kamu jadi frustasi dan kamu bisa menuliskan cara-cara atau solusi untuk mengatasinya.

 

5.    Dengarkan musik instrumen
Mendengarkan musik dapat memberikan ketenangan dan membuat pikiran lebih rileks. Cobalah untuk mendengarkan musik instrumen dan pikirkan hal-hal yang positif. Kamu bisa sesekali bergerak mengikuti irama musik untuk membuat tubuh jadi lebih tenang.

 

6.    Fokus pada saat ini
Rasa frustasi juga sering terjadi karena kita memikirkan masa depan yang belum kita alami. Cobalah untuk berhenti memikirkan apa yang akan terjadi di depan nanti, tetapi lebih fokus pada keadaan kita saat ini. Ingatkan pada diri sendiri bahwa ada beberapa tujuan dalam hidup yang tidak bisa kita kontrol.

Komentar

250 Karakter tersisa