5 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Flu

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk. Flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi.

Bahkan pada beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul. Cuaca yang masih belum stabil seperti ini, kadang panas, kadang hujan membuat tubuh mudah diserang flu. Pasti tidak enak rasanya ketika flu menyerang. Nafsu makan berkurang, badan terasa sakit dan kepala rasanya seperti ingin meledak saja.

Mengonsumsi obat flu belum tentu mempercepat proses penyembuhan penyakit flu. Apalagi kalau kamu masih mengonsumsi makanan atau minuman jenis tertentu yang malah membuat flu kamu semakin parah. Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari saat flu sperti Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

1.    Minuman dan makanan dingin
Mengonsumsi minuman panas dapat mengurangi gelaja flu karena uap dari minuman tersebut dapat membuka rongga hidung. Sedangkan, mengonsumsi minuman dingin dapat memperburuk luka di tenggorokan. Hal yang paling penting kamu lakukan ketika kamu terserang flu adalah menjaga agar suhu tubuhmu tetap hangat.

 

Baca jugaPenampakan Bunglon Madagaskar, Reptil Terkecil di Dunia Seukuran Ujung Jari

 

2.    Alkohol
Mungkin kamu berpikir bahwa mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dapat mempercepat proses penyembuh karena alkohol dapat menghangatkan tubuh. Tapi pada kenyataannya, mengonsumsi alkohol malah akan memperburuk flu yang kamu derita karena alkohol dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang kamu miliki.

 

3.    Produk susu
Produk dari susu yang low-fat mungkin tidak masalah kalau kamu konsumsi ketika flu, tapi produk susu yang high fat haruslah kamu hindari. Sebab, produk susu yang high fat akan menaikkan produksi lendir di dalam tubuh dan akan membuat flu kamu semakin buruk.

 

4.    Makanan atau minuman tinggi gula
Jus, donat, dan permen adalah makanan-makanan yang mengandung gula tinggi. Gula dapat meningkatkan sumbat pada hidung dan mengurangi kemampuan sel darah putih untuk melawan penyakit. Kalau ingin minum jus, sebaiknya tidak usah menambahkan gula, kamu bisa menggantinya dengan madu.

 

5.    Fast food
Fast food mengandung pengawet dan sedikit sekali nutrisi. Hal ini akan memperburuk flu yang kamu derita. Bahkan ketika kamu sehat sekalipun, kamu harus mengurangi fast food. Jadi sebaiknya kamu menghindari fast food ketika flu menyerang.

Komentar

250 Karakter tersisa