6 Masjid Indah di Dunia, Bikin Takjub

Foto: theislamicmonthly

 

Schoolmedia News, Jakarta – Islam menjadi salah satu agama yang memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak di dunia. Bahkan, pemeluk agama Islam tersebar hampir di setiap negara di dunia. Makanya, tak heran jika di setiap negara memiliki masjid sebagai tempat ibadah bagi umat Islam. Masjid artinya tempat sujud, dan sebutan lain bagi masjid di Indonesia adalah musholla, langgar atau surau. 

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Tak jarang pula masjid dibuat begitu indah dan megah agar umat Muslim merasa nyaman saat beribadah di dalamnya. Bukan hanya itu, masjid yang indah juga dapat dikunjungi oleh umat lainnya sebagai destinasi wisata. Berikut masjid indah di dunia yang Schoolmedia News rangkum dari berbagai sumber.

 

Baca juga:7 Makanan yang Bisa Menyebabkan Keputihan

 

1.    Masjid Agung Xi’an – Tiongkok

Foto: theislamicmonthly

Perpaduan dua gaya arsitektur tradisional Tiongkok dengan Islam, membuat Masjid Agung Xi’an menajdi sangat unik dan begitu khas. Masjid terbesar di Tiongkok ini terinspirasi dari gaya arsitektur khas Timur Tengah dan Persia, namun tetap mempertahankan gaya infrastruktur selama Dinasti Ming dan Qing.

 

2.    Masjid Agung Sheikh Zayed – Abu Dhabi

Foto: theislamicmonthly

Bukan hanya terkenal dengan gaya hidup serba mewah, di Abu Dhabi juga terdapat masjid megah bernama Masjid Agung Sheikh Zayed. Masjid megah nan mewah ini memiliki 82 kubah marmer putih yang bertahtakan permata semi mulia. Di bagian dalamnya terdapat tujuh lampu gantung yang terbuat dari kristal Swarovski dan berlapis emas 24 karat. Di bagian aula salat utamanya, kamu akan disambut dengan karpet terbesar di dunia yang lembut. Dinding dan langit-langit bagian dalam Masjid Agung Sheikh Zayed terdapat pola bunga yang cukup rumit hasil larya ilustrator asal Inggris, Kevin Dean.

 

3.    Masjid Nasir Al-Mulk – Iran

Foto: theislamicmonthly

Masjid Nasir Al-Mulk di Iran merupakan masjid tertua yang indah. Arsitekturnya yang unik dengan langit-langit melengkung bergaya Arab. Masjid Nasir Al-Mulk juga dikenal dengan Masjid Merah Muda. Hal ini disebabkan oleh warna ubin berwarna merah muda yang menghiasi hampir seluruh langit-langitnya. Bukan hanya ubinnya yang membuat masjid ini terlihat cantik, kaca patri yang terpasang di hampir semua jendela memantulkan warna-warni cantik dari sinar matahari yang menerobos masuk.

 

Baca jugaMudah, Ini 7 Cara Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga

 

4.    Blue Mosque – Turki

Foto: theislamicmonthly

Belum lengkap rasanya jika ke Turki tapi tak berkunjung ke Blue Mosque atau yang dikenal juga dengan nama Masjid Sultan Ahmed. Dari kejauhan pun, kita sudah bisa melihat betapa megahnya Blue Mosque yang memiliki enam menara besar. Blue Mosque dibangun di masa pemerintahan Ottoman, Ahmed I pada tahun 1609-1616. Dikatakan sebagai masjid biru karena kubah megahnya memang berwarna biru. Kubah besar Blue Mosque dilapisi dengan 20 ribu ubin Iznik biru yang bermotif bunga, pohon dan pola abstrak.

 

5.    Masjid Hassan II – Maroko

Foto: theislamicmonthly

Masjid Hassan II adalah masjid terbesar di Maroko dan masjid ketujuh terbesar di dunia. Masjid ini memiliki menara paling tinggi, yakni 210 meter yang dilengkapi dengan sinar laser yang mampu menerangi sekitarnya. Masjid Hassan II memiliki arsitektur yang menakjubkan. Dindingnya terbuat dari marmer berkualitas tinggi yang sangat halus. Di beberapa bagiannya, Masjid Hassan II menggunakan kaca sebagai lantainya yang memungkinkan kita untuk melihat dasar Laut Atlantik.

 

6.    Masjidil Haram – Arab Saudi

Foto: theislamicmonthly

Masjidil Haram menjadi masjid paling ramai di dunia. Sebab, di dalam Masjidil Haram terdapat Kabah, kiblat bagi umat Muslim. Masjid ini juga memiliki sejarah panjang yang tertulis di dalam Alquran sebagai tempat ibadah pertama yang dibangun untuk menyembah Allah. Masjidil Haram tidak hanya terbesar di dunia, tetapi juga dianggap paling suci. Mencakup 400.800 meter persegi, masjid ini dapat menampung hingga empat juta orang selama musim haji, ziarah Islam tahunan dan kegiatan umat Islam lainnya.

Komentar

250 Karakter tersisa