Warga Pulau Kerayaan Minta Fasilitas Listrik dan Sekolahan

Bupati Kotabaru berdialog dengan warga Desa Pulau Kerayaan Kecamatan Pulau Laut Kepulauan. Foto: ANTARA

Schoolmedia News. Kotabaru - Masyarakat Desa Pulau Kerayaan dan Desa Pulau Kerayaan Utara, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, meminta pemda memberikan fasilitas umum berupa aliran listrik dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Salah seorang warga setempat, Utuh, saat dialog dengan Bupati Kotabaru Sayed Jafar di Kotabaru, Senin (27/01/2020), mengatakan warga desanya yang sekitar 50 keluarga hingga kini belum mendapatkan aliran listrik.

"Kami ingin warga yang belum mempunyai aliran listrik bisa dibantu, untuk itu Pak Bupati dan instansi terkait bisa mencarikan solusinya agar masyarakat bisa menikmati listrik seperti warga lainnya," ujarnya.

Pada kesempatan itu, warga lainnya juga menyampaikan bahwa saat ini masyarakat Pulau Kerayaan ingin memiliki SMA, sebab sekitar 60 persen dari total masyarakat setempat hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) karena tidak ada biaya untuk anak mereka sekolah ke luar daerah itu atau ke kota.

Menanggapi aspirasi warganya itu, Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengatakan untuk warga yang rumahnya belum teraliri listrik, pemerintah daerah bersama tim akan turun tangan, mendata warga kurang mampu, agar bisa mempunyai listrik dan menikmati penerangan yang sama dengan warga lainnya.

 

Baca Juga : Kemenperin Bimbing Tenaga Pelatih Siswa Magang Di Industri


Untuk SMA, katanya, memang prosesnya akan lama karena sekarang sudah bukan kewenangan pemerintah kabupaten setempat namun pemerintah provinsi.

Akan tetapi, ia berjanji menyiapkan proposalnya terlebih dahulu, seperti terkait dengan lahan sekolah dan lainnya hingga bersama masyarakat setempat mengajukan ke provinsi.

"Memang banyak permasalahan yang dihadapi oleh Kabupaten Kotabaru, karena daerahnya sangat luas namun perlahan tapi pasti sekarang sudah mulai berubah, baik pariwisata, infrastruktur jalan, dan lainnya," kata dia.

Kunjungan kerja bupati setempat ke daerah itu, dirangkai dengan pembagian bantuan kepada para nelayan setempat oleh Bupati Kotabaru Sayed Jafar disaksikan kepala SKPD dan ratusan masyarakat Pulau Kerayaan.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, anggota DPRD Kotabaru, Camat Pulaulaut Kepulauan beserta jajaran dan forkopimca serta masyarakat.
 

Komentar

250 Karakter tersisa