Arkeolog Temukan Nazca Lines Kucing Berusia 2.000 Tahun di Peru

Foto: Ministerio de Cultura Peru

 

Schoolmedia News, Peru – Apakah kamu tahu Nazca Lines? Nazca Lines atau Garis Nazca merupakan rangkaian geoglyph yang terdapat di gurun di Peru bagian selatan. Ada ratusan gambar dan figur yang terbentang di gurun tersebut dalam berbagai bentuk. Meski menjadi struktur yang terkenal di dunia, keberadaan Nazca Line masih menjadi misteri.

Nazca Lines di Peru adalah misteri terbesar di dunia. Suatu bentangan simbol di atas gurun berusia ribuan tahun yang begitu menakjubkan. Nazca Lines terdiri dari 800 garis lurus, 300 garis geometris dengan aneka bentuk seperti orang atau wajah dan 70 bentuk garis yang menggambarkan hewan dan tumbuhan. 

Bisa disebut juga sebagai geoglyph, yakni suatu motif tertentu peninggalan manusia zaman dulu di suatu lanskap alam seperti tebing, gua atau gurun. Garis-garis tersebut terhampar di Gurun Nazca yang berlokasi di antara Kota Pampas dan Nazca di Peru. Nazca Lines diyakini dibuat oleh penduduk setempat pada ribuan tahun silam, sekitar tahun 100-600 Masehi.

Beberapa waktu lalu para arkeolog menemukan Nazca Lines bergambar kucing raksasa. Gambar kucing besar tersebut diukir di lereng bukit yang gersang di Peru selatan lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Geoglyph ini berukuran 37 meter dan merupakan bagian dari Nazca Lines atau Garis Nazca di dataran tinggi dekat Lima, ibu kota Peru.

 

Baca jugaApa itu Generasi Alpukat? Golongan Orang yang Menolak Tua

 

Sebelumnya sudah ditemukan juga beragam gambar zoomorphic lainnya di seluruh Peru, termasuk burung kolibri, monyet, dan pelikan. Sosok kucing itu ditemukan selama pekerjaan pemeliharaan di pusat pengunjung di tempat yang sudah menjadi tujuan wisata populer. Namun ukiran gambar kucing ini tak terlihat jelas karena terletek di lereng yang cukup curam, dilansir dari ZME Science, Rabu (21/10/2020). Ukiran gambar kucing ini juga rentan terhadap efek erosi alami karena berada di lereng. Gambar kucing juga hampir sepenuhnya terhapus.

Pada 1994, UNESCO menobatkan garis Nazca sebagai situs warisan dunia. Menurut UNESCO, garis Nazca diperkirakan dibuat pada tahun 500 sebelum Masehi hingga 500 setelah Masehi, dan berfungsi sebagai ritual astronomi para pembuatnya. Wilayah ini telah lama menarik minat para sejarawan. Arkeolog Toribio Mejia Xesspe pertama kali menemukan garis misterius yang diukir di lanskap pada tahun 1920. 

Kemudian, dengan perluasan perjalanan udara, karya seni lebih lanjut ditemukan dari atas. Para peneliti terus menemukan lebih banyak garis dan mengembangkan teori tentangnya. Tahun lalu, peneliti dari Universitas Yamagata Jepang menemukan lebih dari 140 geoglyph di wilayah tersebut dengan bantuan pencitraan 3D. Mereka diukir dari pasir di dataran pantai Peru dan menyerupai benda hidup dan benda mati.

Komentar

250 Karakter tersisa