6 Bioskop dengan Layar Terbesar di Dunia, Manjakan Pecinta Film

CGV Yongsang I’Park Mall, Korea Selatan, Foto: barco.com

 

Schoolmedia News, Jakarta - Menonton film adalah salah satu kegiatan yang banyak dipilih orang untuk mengatasi rasa bosan atau mengisi waktu luang. Apalagi dengan banyaknya genre film membuat film menjadi hiburan favorit semua kalangan.

Salah satu tempat menonton film paling asyik adalah di bioskop. Bioskop adalah tempat untuk menonton pertunjukan film dengan menggunakan layar lebar. Gambar film akan diproyeksikan ke layar menggunakan proyektor. 

 

Baca juga: Bangun Jembatan Komunikasi dengan Anak, 9 Forum Anak Terbentuk di Kaltim

 

Hal ini juga yang membuat banyak orang merasa menonton di bioskop bisa lebih puas. Bagi pencinta film layar lebar, tidak lengkap jika belum mencoba menonton di bioskop dengan layar terbesar di dunia. Berikut 6 bioskop dengan layar terbesar di dunia. Schoolmedia merangkumnya dari berbagai sumber, Kamis (5/3/2020).

 

1. Sylvia Park, Selandia Baru
Bioskop Sylvia Park di Auckland, Selandia Baru menjadi salah satu bioskop dengan layar terbesar di dunia, yaitu bioskop yang termasuk dalam jaringan Cinemaxx. Bahkan besarnya layar bioskop ini sudah diakui oleh Guinness Book of World Records. Ukuran layar bioskop ini mencapai 30,78 x 13,11 meter. Secara keseluruhan dana yang dibutuhkan untuk membangun bioskop tersebut kurang lebih mencapai Rp 390 miliar.

 

2. CGV Yongsang I’Park Mall, Korea Selatan
Bioskop CGV Yongsang I’Park Mall, Korea Selatan juga masuk dalam jajaran bioskop dengan layar terbesar di dunia. Ukuran layarnya mencapai 31 x 22,4 meter. Uniknya, bioskop ini dibangun khusus untuk mendukung film-film indie lokal. Hasil dari penjual tiket akan digunakan untuk mendukung industri perfilman indie lokal Korea Selatan.

 

3. Darling Harbour, Australia
Bioskop dengan layar terbesar selanjutnya ada di benua Australia tepatnya di bioskop IMAX Panasonic Darling Harbour. Bioskop ini memiliki layar yang berukuran 35,72 x 29,57 meter dengan kapasitas kursi sekitar 540 orang. 

 

Baca juga: Tingkatkan PAD, Disdikbud Bengkayang Lakukan Riset Kebudayaan

 

4. The Bengies Drive-in, Amerika Serikat
The Bengies Drive-in di Baltimore, Amerika Serikat juga menjadi bioskop terunik yang pernah ada. Memiliki layar berukuran 36,10 x 16,04 meter, bioskop ini mengharuskan para penontonnya membuka saluran radio FM yang telah disediakan untuk mendengarkan suara dari film yang diputar.

Bioskop ini memiliki konsep luar ruang dan drive-in. Saat menonton film, para penonton tetap berada di dalam mobil mereka masing-masing. Waktu atau jam penayangan filmnya juga hanya saat senja saja, lho.

 

5. Pinewood, Inggris
Inggris memiliki bioskop dengan layar terbesar berukuran 73,15 x 18,29 meter tepatnya di bioskop Pinewood di sebelah barat London. Ternyata bioskop ini juga memiliki konsep drive-in seperti di Baltimore, tetapi konsep tersebut hanya bisa dinikmati saat musim gugur saja. 

 

6. Rosengard, Swedia
Bioskop Rosengard, Swedia memiliki layar raksasa berukuran 51 x 28 meter.  Hampir sama dengan dua bioskop di atas, layar bioskop ini terbentang di halaman Blok Menara Distrik di Kota Rosengard. Layar super besar itu dirakit di luar ruangan, serta ditopang dua crane raksasa. Sementara itu, 4 unit XLM HD30 proyektor, masing-masing seberat 140 kg, dibutuhkan untuk memproyeksikan film ke layar.

Komentar

250 Karakter tersisa