Pengunjung memadati area pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, Foto: indonesianmetorshow.com
Belanja iklan televisi selama pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 pada 25 April – 5 Mei, sebesar Rp 49,14 miliar atau turun 37,30 persen dari belanja iklan IIMS 2018 yang mencapai Rp 78,70 miliar.
Berdasarkan data statistik Adstensity, pada Selasa, 14 Mei 2019, dari rekaman iklan di 13 stasiun televisi nasional selama periode perhelatan IIMS 2019, belanja iklan otomotif jenis mobil mencapai Rp 26,38 miliar. Adstensity merupakan aplikasi media monitoring khusus untuk memantau iklan-iklan televisi.
Tercatat, Nissan Motor Indonesia paling banyak melakukan belanja iklan dengan Rp 12,44 miliar. Kemudian, disusul Mitsubishi Motor Indonesia Rp 4,59 miliar. Di posisi ketiga adalah SGMW (Wuling) Motor Indonesia sebesar Rp 3,76 miliar, dan keempat Suzuki Indomobil Motor Rp 2,48 miliar. Sedangkan Isuzu Astra Motor Indonesia melakukan belanja iklan sebesar Rp2,31 miliar.
Selain itu, belanja iklan televisi industri otomotif sepeda motor mencapai Rp 22,96 miliar. Perinciannya adalah Yamaha Indonesia Motor Manufacturing berbelanja iklan Rp 14,23 miliar, Astra Honda Motor Rp 4,55 miliar dan Suzuki Indomobil Motor Rp 4,18 miliar.
Jika dilihat dari jumlah iklan otomotif selama IIMS 2019, terdapat 1.574 iklan atau turun 41,66 persen dari total iklan pada IIMS 2018 sebanyak 2.698 iklan.
Merek yang paling banyak beriklan di televisi pada periode acara IIMS 2019 adalah All New Nissan Livina dengan total 537 iklan, Yamaha Lexi 175 iklan dan Yamaha Nmax dengan 126 iklan.
Adstensity menilai penurunan itu disebabkan faktor berhati-hatinya pelaku industri otomotif dalam berbelanja iklan terkait penyesuaian strategi penjualan produk dan penantian terhadap hasil perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu 2019).
Tinggalkan Komentar