Penampakan Penjara Halden di Norwegia, Bak Hotel Bintang Lima

Foto: The New York Times

 

Schoolmedia News, Norwegia - Mendengar kata penjara, orang pasti membayangkan suatu tempat yang tertutup, kumuh, dan seram. Di penjara, para napi disuruh kerja keras, diberi makanan ala kadarnya serta harus menjalani rutinitas kegiatan yang membosankan. Seperti itulah kira-kira gambaran penjara yang dibayangkan banyak orang.

Namun jika fungsi penjara adalah untuk merehabilitasi dan bukan untuk menghukum para pelaku kejahatan, mungkin akan beda citranya. Seperti salah satu penjara di Norwegia ini misalnya. Penjara Halden terkenal sebagai negara dengan penjara paling manusiawi sedunia, Norwegia memperlakukan para napi dengan cara yang istimewa.

Layaknya sultan, penjara Halden di Norwegia ini disebut sebagai surga bagi pelaku kriminal. Saat menginjakan kaki di wilayah penjara ini, kamu akan melihat bangunan besar yang mewah dan terawat. Penjara Halden memperlakukan pelaku kriminal dengan sangat manusiawi, bahkan dijamin hidup penuh ketenangan dan kebahagiaan.

 

Baca jugaMenurut Ahli, Ini 8 Tips Mengatasi Warna Kulit tidak Merata

 

Foto: Storypick

 

Narapidana di sini bisa tinggal nyaman dalam kamar yang terang, dan kasur yang empuk. Ventilasi pun memadai dengan panorama hutan yang sangat indah. Penjara Halden ini dilengkapi dengan fasilitas TV, sofa dan kamar mandi di dalam. Tak hanya itu, fasilitas lain seperti olahraga, tempat bermain games, kelas yoga hingga studio rekaman juga ada.

Dilansir dari Storypick, Rabu (18/11/2020), Kepala Penjara Halden, Are Hoidahl, menjelaskan jika konsep utama penjara Halden bukan sebagai tempat balas dendam, melainkan tempat bagi para narapidana untuk merenungkan kesalahannya, sehingga ketika bebas nanti, mereka sudah siap kembali bermasyarakat.

Komentar

250 Karakter tersisa