Kalbe Ciptakan Tes COVID-19 Sampel Air Liur, Begini Tanggapan Menristek

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Jakarta – Menghadapi pandemi COVID-19, para peneliti di Indonesia terus berupaya melakukan inovasi. Hal ini dilakukan agar Indonesia bisa lebih mandiri dalam menghadapi pandemi, tidak harus selalu bergantung pada dunia internasional. Salah satu inovasi yang sudah mulai dikembangkan di Indonesia adalah alat deteksi COVID-19.

Inovasi tes COVID-19 di Indonesia semakin berkembang. Hal ini dibuktikan dengan peluncuran tes diagnostik COVID-19 karya anak bangsa yang menggunakan sampel air liur (saliva). Tes diagnostik COVID-19 dengan sampel air liur ini menggunakan metode RT LAMP (Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification) yang dapat mendeteksi secara spesifik asam nukleat yang merupakan material genetik dari virus SARS CoV-2.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro mengapresiasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) atas inovasinya menciptakan alat deteksi untuk tes COVID-19 dengan sampel air liur .

“Saya mengucapkan selamat kepada PT Kalbe Farma yang telah melahirkan RT LAMP Saliva ini. Ini adalah inovasi yang sangat menjanjikan dan merupakan terobosan dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas testing kita,” kata Bambang dalam video konferensi, Kamis (25/3/2021).

 

Baca juga7 Tanda Insecure dan Penanganan yang Perlu Diketahui

 

Bambang, yang sekaligus sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN) mengungkapkan, kesuksesan RI dalam mengendalikan pandemi COVID-19 ini juga sangat tergantung kepada tingkat testing yang dilakukan. Mengingat pentingnya peran testing, keberadaan Polymerase Chain Reaction (PCR) yang selama ini mendominasi pemeriksaan menjadi sangat penting. 

Namun, kata Bambang, ongkos pengadaan alat ini tidak murah. Sehingga pihaknya merasa perlu untuk mencari alternatif testing dengan metode lain yang lebih terjangkau.

"Kita perlu mencari cara untuk meningkatkan testing untuk 270 juta penduduk Indonesia yang tersebar di berbagai pulau. RT LAMP Sativa dalam pandangan saya bisa menjadi salah satu alternatif untuk mempercepat testing,” ujar dia.

Komentar

250 Karakter tersisa