Tiga Aplikasi Baru Diluncurkan, Transformasi dan Kinerja Perguruan Tinggi Terpantau

Menteri Pendidikan dan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. Foto: Youtube/Kemendikbud RI

Schoolmedia News, Jakarta – Menteri Pendidikan dan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim secara resmi meluncurkan tiga sistem program berupa aplikasi, yang akan menjadi alat pemantau kinerja perguruan tinggi. 

Ketiga sistem tersebut ialah Sistem Pelacakan Secara Mandiri Penilaian Angka Kredit (Selancar PAK) Dosen, Dasbor Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU PTN), serta Command Center Pendidikan Tinggi pada Jumat (5/3).  

Peluncuran tiga sistem ini bertujuan untuk terus mendorong transformasi pendidikan tinggi lewat Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

 

Baca juga: 490 Pemda Ajukan 568.238 Orang Formasi Calon Guru Seleksi ASN PPPK

 

Mendikbud memastikan akan selalu berusaha mencapai peningkatan kualitas mahasiswa, dosen, institusi, dan sistem pendidikan tinggi lewat Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, termasuk dengan meningkatkan layanan pendidikan tinggi, terutama dalam aspek transparansi dan akuntabilitas informasi. 

“Semoga dengan dirancang dan diluncurkannya ketiga aplikasi ini, Ibu dan Bapak Dosen sekalian bisa terus termotivasi mengembangkan kualitas diri, peserta didik, dan institusi untuk sistem pendidikan tinggi Indonesia yang berkualitas dan tanggap perkembangan zaman. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmani’rahim, saya luncurkan apliasi Selancar PAK, Dasbor IKU, dan Command Center secara resmi,” ujar Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. 
 

Penulis  : Keke Lovina 

Editor     : Eko Schoolmedia

Komentar

250 Karakter tersisa