Kenaikan Pangkat Kerap Dikeluhkan Dosen, Selancar PAK Bantu Telusuri Dokumen

Foto: Youtube/Kemendikbud RI

Schoolmedia News, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengungkapkan, bahwa kerap mendapat keluhan dari dosen terkait informasi kenaikan pangkat atau jabatan akademik. Akses dosen untuk mendapatkan informasi tersebut dinilai sangat minim.

“Kami telah mendengar keluhan bapak dan ibu dosen yang mengalami kesulitan mendapatkan informasi proses pengusulan kenaikan pangkat atau jabatan akademik.” ujar Mendikbud. 

Maka dari itu, Kemendikbud membuat sistem plikasi Sistem Pelacakan Secara Mandiri Penilaian Angka Kredit (Selancar PAK). Selancar PAK merupakan sistem digital untuk mempermudah para pengguna layanan Penilaian Angka Kredit (PAK) untuk Jabatan Lektor Kepala dan Profesor, mengetahui proses perjalanan usulannya dari mulai pengajuan sampai dengan Proses Penetapan PAK. 

"Kemendikbud melalui Ditjen Dikti meluncurkan aplikasi tracking atau penelusuran proses pengajuan usulan kenaikan pangkat dosen, yakni sistem pelacakan mandiri penilaian angka kredit atau Selancar PAK." ujar Nadiem

Melalui aplikasi Selancar PAK, dosen dapat melihat atau melacak secara langsung kemajuan dari usulan kenaikan jabatannya.

“Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan pada ponsel, sehingga memudahkan dosen mengetahui proses dan status usulan dan mendapatkan informasi melalui notifikasi email dan WhatsApp secara real time dan transparan,” tambah Nadiem.

 

Baca juga: Pulihkan Ekonomi Nasional, Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok dan Stabilias Harga

 

Rektor Universitas Papua Meky Sagrim yang menyambut baik hadirnya aplikasi Selancar PAK bagi para dosen dan tenaga fungsional pendidikan tinggi. Senada dengan itu, Iskandar, selaku perwakilan Universitas Kutai Kartanegara, Tenggarong, menyampaikan, 

“Selancar PAK aman, praktis, dan sangat mudah digunakan. Saya menghemat waktu mengurus status PAK akademik. Semoga Dikti sukses,” ujar Iskandar. 

Baderiah, Dosen dari Institut Agama Islam Negeri Palopo pun berpendapat serupa. 

“Tracking PAK mantap, lebih memudahkan, dari rumah kita dapat melacak progress PAK. Dengan aplikasi tracking PAK, dosen lebih termotivasi untuk berkarir,” ujar Baderiah. 

Suharmono, Dosen Universitas Diponegoro menyampaikan pendapat yang sama. 

“Tracking PAK keren banget, kita bisa melacak pengusulan jabatan fungsional kita dari mana saja, kapan saja dengan akurat,” ungkapnya. 

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Wikan Sakarinto yang hadir dalam peresmian mengungkapkan kegembiraannya atas kehadiran Selancar PAK, Dasbor IKU, dan Command Center.

“Selancar PAK adalah terobosan sangat baik untuk meningkatkan pelayanan PAK. Nantinya, ini membantu dosen-dosen di Indonesia, khususnya juga di pendidikan tinggi vokasi, untuk menelusuri status dan proses usulan kenaikan pangkatnya. Ini merupakan harapan baik bagi para dosen untuk meningkatkan kapasitas dan pangkatnya,” ujar Wikan. 
 

Komentar

250 Karakter tersisa