Aktivitas Pendidikan Tinggi Dipantau Lewat Aplikasi Command Center

Foto: Youtube/Kemendikbud RI

Schoolmedia News, Jakarta - Untuk dapat memantau perkembangan, mengelola serta mengawasi pendidikan tinggi secara real-time. Kemendikbud meluncurkan aplikasi Command Center. Aplikasi ketiga yang diluncurkan ini merupakan layanan data pendidikan tinggi terpadu yang berfungsi membantu memantau keseluruhan aktivitas dan program pendidikan tinggi lewat berbagai aplikasi data. 

Selain itu, Command Center juga berfungsi mendukung koordinasi, monitoring, evaluasi, serta pengambilan kebijakan dan diseminasi tridarma perguruan tinggi. Tidak hanya itu, fasilitas ini juga berperan sebagai wadah berbagai pemangku kepentingan untuk berkoordinasi dan berbagi informasi seputar program dan kebijakan di bidang pendidikan tinggi, seperti Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Kedaireka hingga bantuan pemerintah seperti Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan bantuan kota. 

Melalui Command Center, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), kementerian atau lembaga lain dapat mengakses informasi terkait pengembangan dunia pendidikan tinggi. Lokasi Command Center bertempat di Gedung D Lantai 10, Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta.

 

Baca juga: 490 Pemda Ajukan 568.238 Orang Formasi Calon Guru Seleksi ASN PPPK

 

Nizam menjelaskan bahwa data Command Center berasal dari PDDikti. “Kami harap, Command Center bisa berfungsi memantau perkembangan, mengelola, dan mengawasi pendidikan tinggi secara real-time.”uajr Dirjen Nizam.

“Kita bisa memantau berbagai dinamika di perguruan tinggi kita secara real time/online. Misalnya, jumlah dosen kita hari ini ada 312.890 dosen, beserta sebarannya di berbagai prodi dan perguruan tinggi,” tambah Nizam. 

Command Center,juga dapat memantau berbagai program Kampus Merdeka yang tengah berjalan.  “Seperti Program Bangkit, yang saat ini sedang diikuti oleh 3.216 peserta. Di sini, kita juga bisa melihat informasi sebaran dan perguruan tinggi mereka. Contoh lain, ada 8.483.213 mahasiswa kita, dari Sabang sampai Merauke, beserta informasi distribusi prodi dan asal mereka,” ujar Nizam. 

Penulis   : Keke Lovina 

Editor      :  Eko Schoolmedia

Komentar

250 Karakter tersisa