7 Pemimpin Dunia dengan Gaji Tertinggi, Ada Indonesia?

Foto: Time Magazine

 

Schoolmedia News, Jakarta - Tentu tidak sedikit yang memimpikan atau bercita-cita menjadi seorang pemimpin negara seperti presiden atau perdana menteri. Banyak orang yang berbondong-bondong untuk menjadi pemimpin atau pejabat negara. Selain karena menjadi orang yang terpandang dan jabatan paling tertinggi di suatu negara, besaran gaji juga masuk ke dalam pertimbangan.

Bukan sesuatu yang mengejutkan jika presiden atau pemimpin negara digaji besar. Mengurus sebuah bangsa tentu tidak mudah, terlebih di saat-saat sulit seperti pandemi Corona yang sedang terjadi sekarang. Gaji presiden pun tidak sama untuk semua negara. Umumnya penghasilan mereka sesuai dengan kekayaan negara dan pendapatan per kapitanya.

Sebagai contoh, gaji presiden Indonesia, Joko Widodo berada di angka Rp 60-an juta. Ternyata, gaji para pemimpin dunia banyak yang berkali-kali lipat lebih besar daripada itu. Berikut pemimpin dunia dengan gaji tertinggi yang dilansir dari International Monetary Fund dan CIA World Factbook, Kamis (15/10/2020).

 

1.    Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Singapura
Pemimpin negara dengan gaji tertinggi di urutan pertama adalah Perdana Menteri Singapura. Lee Hsien Loong yang telah menjabat selama 14 tahunan itu menerima $1.610.000 (Rp 23 miliaran). Ia mengantongi gaji 20 kali lipat pendapatan per kapita negaranya yang memang dikenal kaya dan berbiaya hidup mahal.

 

Baca juga5 Tips Memakai Skincare untuk Kulit Berjerawat Agar Efektif

 

2.    Carrie Lam, Pemimpin Eksekutif Hong Kong
Carrie Lam yang tahun lalu mendapat banyak protes dari warganya terkait kebijakan ekstradisi menjadi pemimpin negara kedua berpenghasilan tertinggi. Wanita yang menjabat sebagai Pemimpin Eksekutif selama hampir dua tahun terakhir ini diprediksi mengantongi $568.400 (Rp 8,3 miliaran) per tahun.

 

3.    Ueli Maurer, Presiden Konfederasi Swiss
Ueli Maurer yang baru menjabat sebagai Presiden Konfederasi Swiss dilaporkan akan menerima $482.958 atau sekitar Rp 7 miliaran per tahunnya. Hal ini memang masuk akal mengingat Swiss dikenal sebagai salah satu negara terkaya. Gaji ini pun transparan untuk diketahui bersama karena Swiss tergabung dalam OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development).

 

4.    Scott Morrison, Perdana Menteri Australia
Di posisi keempat ada Perdana Menteri Australia Scott Morison yang mengantongi tujuh kali lipat rata-rata pendapatan warganya. Pemimpin yang pernah jadi manajer di perusahaan itu dilaporkan akan menerima $378.415 (Rp 5,8 miliaran) per tahun.

 

Baca juga5 Cara Menghindari Kebiasaan Makan Berlebih Saat Stres

 

5.    Angela Merkel, Kanselir Jerman
Wanita yang mengantongi gaji tinggi sebagai pemimpin negara adalah kanselir Jerman Angela Merkel. Kanselir yang telah menjabat selama lebih dari 13 tahun itu dikatakan mendapat gaji delapan kali lipat pendapatan per kapita negaranya yakni sekitar $369.727 (Rp 5,4 miliaran).

 

6.    Jacinda Ardern, Perdana Menteri Selandia Baru
Jacinda Ardern banyak dibicarakan karena kepiawaiannya dalam memimpin Selandia Baru. Tak heran jika perdana menteri wanita ini digaji tinggi. Dalam setahun, Jacinda dapat mengantongi penghasilan 20 kali lipat lebih besar dari pada kebanyakan warganya yakni sekitar $339.862 atau Rp 5 miliaran.

 

7.    Mohamed Ould Abdel Aziz, Presiden Mauritania
Pemimpin negara dari benua Afrika yang dibayar dengan gaji tinggi adalah Mohamed Ould Abdel Aziz. Presiden Mauritania tersebut dikabarkan menerima gaji per bulan yang hampir sama dengan penghasilan presiden China setahun. Dilansir portal berita online Saraya, Abdel Aziz yang sudah menjabat hampir 10 tahun itu bisa mendapatkan $330.000 (Rp 4,6 miliaran) per tahun.

Komentar

250 Karakter tersisa