Heboh Butiran Emas, Pantai Pohon Baru di Maluku Dipenuhi Warga

Foto: Unsplash

 

Schoolmedia News, Maluku – Pesisir Pantai Pohon Batu di Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mendadak dipenuhi warga yang memanen emas. Lewat video yang beredar di media sosial, kemunculan butiran emas pun jadi berkah bagi penduduk setempat. Dengan peralatan seadanya, warga berbondong-bondong memenuhi pantai.

Keberadaan emas di Pantai Pohon Baru ini telah dilaporkan pada Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi, Badan Geologi Kementerian ESDM, serta Ditjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga menjelaskan temuan emas Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah tersebut. 

Peneliti Madya LIPI, Iwan Setiawan mengatakan kemungkinan besar temuan emas yang berada di pesisir pantai Maluku Tengah merupakan Native Gold atau emas murni. Hal ini merujuk pada penelitian yang dilakukannya di beberapa pulau sekitar Maluku Tengah, yakni Pulau Buru dan Pulau Seram pada beberapa tahun lalu.

 

Baca juga4 Gejala PMS Tidak Wajar yang Sering Tidak Disadari

 

Sebelumnya, Pantai Pohon Batu merupakan pesisir tipikal dengan topografi pantai menurun, tapi tak begitu curam. Kawasan ini merupakan pantai berbatu yang kurang tersorot dibanding tempat lain di wilayah Amahai, Malteng. Pesisir pantai dikelilingi vegetasi khas wilayah pantai yang sekarang tampak dimanfaatkan warga untuk berteduh dari teriknya matahari di sela kegiatan menambang emas. 

Melansir laman Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (30/3/2021) Amahai merupakan salah satu gerbang menuju Kabupaten Malteng. Terlepas dari popularitas Pantai Pohon Batu yang belum sebegitu kentara, Amahai sebenarnya menyimpan sejumlah potensi wisata. Beberapa di antaranya adalah Pantai Kuako, destinasi wisata favorit di akhir pekan, serta wisata mangrove Amahai. 

Selain itu, terdapat juga Pantai Rutah yang merupakan pilihan lain selain Pantai Kuako. Sebagaimana kawasan lain di Kabupaten Maluku Tengah, Amahai juga terkenal akan kecantikan wisata baharinya. Tipikal pantai di kawasan ini cukup landai, serta dipenuhi bebatuan ragam ukuran yang siap menambah estetika panorama pesisir.

Komentar

250 Karakter tersisa