Schoolmedia News Jakarta ---- Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menyiapkan sejumlah dukungan guna mendorong sejumlah program priorotas pendidikan tersosialisasi, teradvokasi dan terkawal secara tepat ditengah masyarakat sehingga transformasi pendidikan dapat terwujud.
"Salah satu dukungan tersedia saat ini adalah adanya sinergitas pusat layanan bantuan terpadu atau helpdesk terpadu yang mensinergikan dan terbentuknya koordinasi yang baik antara petugas helpdesk Pusat dan UPT di Lingkungan Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen," ujar Plt Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek, Komalasari ketika membuka Workshop Penguatan Kapasitas Petugas Helpdek Terpadu di Surabaya, Senin (2/10) secara daring.
Pembukaan kegiatan dihadiri oleh PIC PDM 07, Lailatul Machfudhotin, Ketua Kelompok Kerja Sosialisasi, Publikasi dan Advokasi Direktorat PAUD, Nor Ilman Syahputra, Tim Workstrem Helpdesk PDM 07, Mukhlis Mansur dan Lead PMO PDM 07, Wulandoro Santoso.
Peserta kegiatan terdiri dari petugas helpdesk di UPT, Direktorat teknis dan Setditjen di lingkungan Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, perwakilan petugas helpdesk Ditjen GTK dan Ditjen Vokasi, dan tim PDM 07 Publikasi dan Komunikasi. Workshop Penguatan Kapasitas Petugas Helpdesk Regional 1 dilaksanakan secara tatap muka (luring) pada tanggal 2 – 4 Oktober 2023, di Hotel Platinum Surabaya.
Plt Direktur PAUD berharap melalui kegiatan workshop ini dapat meningkatkan pemahaman petugas helpdesk mengenai Asesmen Nasional, Transisi PAUD – SD, dan Gerakan Sekolah Sehat. Selain itu juga meningkatnya kompetensi dalam mengoperasikan aplikasi helpdesk versi mobile guna mendukung program prioritas; dan Terlaksananya mitigasi tren peningkatan kebutuhan informasi melalui helpdesk dengan melakukan identifikasi masalah.
Dikatakan, optimalisasi Layanan Bantuan (Helpdesk) Program Prioritas, Project Management Office (PMO) PDM 07 Publikasi dan Komunikasi akan mengadakan kegiatan “Workshop Penguatan Kapasitas Petugas Helpdesk” untuk meningkatkan kapasitas petugas helpdesk dalam mendukung Layanan Bantuan (Helpdesk) Program Prioritas. Penguatan kapasitas tersebut dilakukan dari sisi pemahaman mengenai substansi program prioritas, dan update mengenai fitur dalam aplikasi Helpdesk untuk mendukung tugas mereka sebagai petugas helpdesk yang berorientasi kepada layanan prima untuk masyarakat pengguna.
Guna meningkatkan efektifitas dan kebermanfaatan layanan helpdesk program prioritas dari waktu ke waktu, PDM 07 berupaya melakukan berbagai inovasi pengembangan aplikasi serta terus mengikuti perkembangan terkini seputar kebijakan program prioritas agar dapat menjawab dengan baik segala pertanyaan masyarakat yang masuk ke aplikasi helpdesk, baik yang berbasis website maupun mobile.
"Seiring dengan diluncurkannya Merdeka Belajar Episode 24: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, Asesmen Nasional, dan Kampanye Sekolah Sehat, Helpdesk Program Prioritas perlu dipersiapkan untuk dapat membantu stakeholders dalam memahami dan mengimplementasikan program – program tersebut. Untuk mendukung hal tersebut, penguatan kapasitas petugas helpdesk terhadap program – program prioritas tersebut semakin dibutuhkan agar pengguna layanan memperoleh informasi yang relevan dan kredibel," ujarnya.
Disebutkan oleh Plt Direktur PAUD, kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Petugas Helpdesk bertujuan untuk:
1.Membangun sinergitas dan menjalin koordinasi yang baik antara petugas helpdesk Pusat dan UPT di Lingkungan Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen;
2.Meningkatkan pemahaman petugas helpdesk mengenai Asesmen Nasional, Transisi PAUD – SD, dan Gerakan Sekolah Sehat
3.Meningkatkan kompetensi dalam mengoperasikan aplikasi helpdesk versi mobile guna mendukung program prioritas; dan
4.Mitigasi tren peningkatan kebutuhan informasi melalui helpdesk dengan melakukan identifikasi masalah.
PIC PDM 07, Lailatul Machfudhotin mengatakan layanan helpdesk telah menjadi sarana penting untuk memberikan informasi dan dukungan kepada masyarakat terkait dengan program-program pendidikan prioritas, termasuk Program Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka, dan Perencanaan Berbasis Data serta sejumlah program prioritas lainnya,
"Layanan helpdesk yang efektif adalah komponen penting dalam menjembatani informasi dan dukungan yang diperlukan oleh para pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan. Diharapkan bahwa langkah-langkah ini akan terus berkontribusi pada perbaikan dan pengembangan sistem pendidikan secara nasional sehingga trasformasi pendidikan dapat segera diwujudkan," ujarnya.
Peliput dan Foto Eko
.
Tinggalkan Komentar