Sang Juara Bagikan Tips Menang di Kompetisi Matematika Online 

M Nuha Alghifari, Foto: Facebook @MI Perwanida Blitar

 

Schoolmedia News, Jakarta - Mengikuti kompetisi matematika secara online, salah satunya yang digelar oleh EMC Eduversal Mathematics Competition, dan menjadi juara, memerlukan strategi khusus. Strategi ini rupanya bisa diterapkan oleh semua siswa tanpa terkecuali.

Dua siswa pemenang EMC 2019 yaitu M Nuha Alghifari dan Gabriella Nosa Karsono, membeberkan tips agar bisa menang dalam kompetisi matematika.

Saat ini, Nuha tercatat sebagai siswa di kelas 8 MTsN 1 Kota Blitar, Jawa Timur. Ia berhasil meraih juara III di EMC 2019. Menurut dia, kunci menang adalah harus terus belajar dan fokus. Dia juga rutin ikut bimbingan belajar dan les privat. 

"Kalau pandemi saya tetap bimbel dan les private online. Saya juga senang belajar matematika dari YouTube," ujarnya dalam konferensi pers secara daring, Selasa, 18 Agustus 2020, seperti dilansir dari laman jpnn.

 

Baca juga: Ini Penjelasan Mendikbud Tentang Kurikulum Khusus

 

Sedangkan Gabriella peraih juara 1 EMC 2019 ini mengungkapkan kunci kemenangannya adalah rajin latihan.

Walaupun ikut bimbel dan les private, siswi kelas 5 SD Pangudi Luhur I Surakarta ini rajin melatih kemampuannya di rumah. 

"Kalau ingin menguasai matematika harus rajin latihan. Karena kuncinya ada di latihan-latihan soal. Makin sering latihan kian mudah menjawabnya," ujarnya.

Untuk diketahui, EMC merupakan langkah awal untuk meningkatkan literasi anak Indonesia terhadap matematika, karena matematika selama ini masih dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang menyulitkan. 

 

Baca juga: DPR RI: Dana Subsidi Pekerja Jangan Abaikan Guru Honorer

 

Pada tahun ini, ajang EMC akan berlangsung pada 14 November 2020 dan pemenangnya akan diumumkan pada 21 November 2020. Sedangkan pemberian penghargaan untuk para pemenang akan dilaksanakan pada Februari 2021.

Khusus tahun ini sistem babak penyisihan (offline) ditiadakan karena pandemi Covid-19. Sebagai gantinya peserta akan berkompetisi langsung secara online dalam satu babak. 

Komentar

250 Karakter tersisa